2 Cara Setting DNS Mikrotik Dengan Winbox dan Terminal

Cara Setting DNS Mikrotik - Mikrotik adalah sebuah sistem yang berfungsi mengubah komputer menjadi router jaringan dengan menggunakan software atau perangkat tambahan. Sistem ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan administrasi.

Seperti misalnya perkantoran, warnet (warung internet) ataupun toko bisa menggunakan sistem mikrotik untuk proses instalasi jaringannya. Dimana menggunakan sistem mikrotik, jaringan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari kecepatan internet yang bisa didapatkan, kemudian memblokir beberapa situs yang sekiranya tidak boleh diakses. Dan masih banyak lagi beberapa fitur lainnya yang bisa dilakukan menggunakan sistem jaringan mikrotik.

Nah, pada kesempatan ini, kami ingin memberikan informasi tentang cara setting DNS mikrotik. Siapa tahu saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui bagaimana cara setting DNS pada mikrotik secara baik dan benar.

Cara Setting DNS Mikrotik

Apa Itu DNS Pada Mikrotik

 Sebelum kami lanjutkan ke cara setting DNS pada mikrotik, alangkah baiknya kalian mengetahui juga apa itu DNS pada mikrotik. DNS (Domain Name System) adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan antara URL (Uniform Resource Locator) dengan IP Address (Internet Protocol Address).

Fungsi utama DNS ialah untuk mencocokan domain situs atau nama domain ke dalam bentuk angka yang disebut dengan IP, supaya komputer dapat memahami situs yang diinginkan dan dapat menampilkannya pada komputer.

Jadi bisa dikatakan, DNS adalah jalan yang digunakan untuk mengakses sebuah situs. Semakin banyak orang yang menggunakan jalan tersebut, maka kecepatan akses situs tersebut juga akan terpengaruhi. Sehingga akan terasa lambat saat membuka situs tersebut.

DNS Server Mikrotik Tercepat

Nah, untuk kalian yang sekiranya merasa internetnya lemot, mungkin hal tersebut bukan berasal dari kecepatan internet. Melainkan dari DNS yang digunakan untuk mengakses IP tersebut yang sebenarnya lemot atau karena digunakan banyak orang.

Sehingg salah satu cara mengatasi internet lemot bisa dengan cara mengganti DNS. Lantas DNS server mikrotik apa yang tercepat? untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui DNS tercepat yang ada, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Nama Provider

DNS Primary

DNS Secondary

Cloudflare

1.1.1.1

1.0.0.1

OpenDNS

208.67.222.222

208.67.220.220

Google Public DNS

8.8.8.8

8.8.4.4

Quad9

9.9.9.9

149.112.112.112

Next DNS

45.90.28.231

45.90.30.231

Cara Setting DNS Mikrotik

Setelah mengetahui apa saja DNS server mikrotik tercepat yang baru saja kami berikan diatas, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara settind DNS pada mikrotik yang akan kami berikan secara lengkap pada kesempatan hari ini.

Adapun untuk cara setting DNS mikrotik yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini ada dua cara, cara pertama setting DNS ialah menggunakan winbox dan cara kedua ialah menggunakan terminal.

Apabila kalian sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara mengatur DNS pada mikrotik, maka kalian bisa langsung melihat informasi selengkapnya dibawah ini.

Cara Setting DNS Mikrotik Dengan Winbox

Adapun untuk cara setting DNS mikrotik yang pertama ialah menggunakan winbox. Cara ini bisa dibilang cara paling mudah, karena kalian cukup membuka aplikasi winbox kemudian tinggal setting DNS internet yang digunakan.

  1. Silahkan buka aplikasi winbox, kemudian masukan Username dan Password dengan benar.
  2. Selanjutnya pilih menu IP pada bagian menu sebelah kiri, dilanjutkan dengan memilih DNS, kemudian DNS Setting.
  3. Silahkan kalian isikan pada bagian DNS primary dan secondary sesuai dengan DNS yang ingin digunakan.
  4. Untuk selebihnya silahkan biarkan saja atau bisa mengikuti settingan pada gambar dibawah ini.

    Cara Setting DNS Mikrotik Dengan Winbox

  5. Selanjutnya jangan lupa Centang kotak Allow Remote Requests, setelah itu tinggal klik Apply dan OK.

Cara Setting DNS Mikrotik Dengan Terminal

Cara setting DNS yang selanjutnya ialah melalui terminal, dimana bagian terminal tersebut masih didalam menu winbox. Sehingga untuk kalian yang ingin melakukan pengaturan pada sistem jaringan mikrotik, kalian tetap harus menggunakan winbox.

  1. Silahkan pilih menu Terminal.
  2. Kemudian ketika perintah berikut ini.
    /ip dns set servers=8.8.8.8,8.8.4.4 allow-remote-requests=yes
  3. Isikan DNS primary pada bagian depan, kemudian DNS secondary setelahnya.

Adapun untuk perintah diatas merupakan perintah yang dapat digunakan pada mikrotik versi 6 ke atas. Sedangkan untuk kalian yang menggunakan mikrotik versi dibawah 6, bisa menggunakan perintah sebagai berikut.

/ip dns set primary-dns=8.8.8.8 allow-remote-request=yes
/ip dns set secondary-dns=8.8.4.4 allow-remote-request=yes

Pastikan pada bagian allow-remote-requests adalah yes, supaya akses menggunakan DNS baru dapat diberikan pada jaringan tersebut. Apabila diisi dengan no, maka internet tidak akan berjalan atau error.

Kesimpulan

Sangat mudah bukan cara setting DNS pada mikrotik. Apabila kecepatan internet kalian error atau tidak berjalan dengan cepat, silahkan ganti DNS yang digunakan. Karena hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya orang yang menggunakan DNS tersebut.

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang cara setting DNS mikrotik yang dapat Inpaketin.com berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "2 Cara Setting DNS Mikrotik Dengan Winbox dan Terminal"