4 Fungsi Port LAN 1 2 3 4 IndiHome Semua Merk Modem Lengkap!

Fungsi Port LAN 1 2 3 4 IndiHome - Saat pertama kali seseorang melakukan penyambungan baru internet rumah atau WiFi IndiHome, maka pastinya mereka akan diberikan beberapa perangkat saat proses instalasinya. Dimana salah satu perangkat terpenting supaya pelanggan bisa mengakses koneksi jaringan internet IndiHome yaitu router.

Fungsi utama router IndiHome sendiri yaitu untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet dari modem melalui IP Address. Jadi, pada intinya router dapat mendistribusikan paket data internet ke masing-masing perangkat atau gadget seperti smartphone, laptop, komputer/PC dan lain sebagainya.

Selain memiliki tugas dalam mengubah sinyal dari modem menjadi sinyal radio WiFi, router juga bisa menyalurkan akses internet melalui kabel yang dihubungkan ke port LAN (Local Area Network). Pada router IndiHome sendiri, umumnya terdapat  4 jenis lubang port LAN yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Sebenarnya, pelanggan indiHome bisa mengatur fungsi port LAN router sesuai dengan kebutuhan serta keinginannya masing-masing. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa saja fungsi port LAN 1 2 3 4 indiHome dilengkapi tata cara mensettingnya.

Apa Itu Port LAN Router IndiHome?

Sebelum pembahasan utama mengenai fungsi port LAN 1 2 3 4 IndiHome berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, port LAN pada router IndiHome berfungsi untuk menghubungkan koneksi jaringan internet ke sejumlah perangkat seperti komputer, laptop dan lain sebagainya.

Dimana pada port LAN router IndiHome terdapat sebuah lubang yang nantinya digunakan sebagai tempat masuknya kabel LAN. Khusus pada router WiFi IndiHome, rata-rata komponen tersebut memiliki 4 lubang port LAN dengan fungsi pastinya berbeda-beda. Nah, hal inilah yang harus diketahui oleh pelanggan supaya mereka bisa memanfaatkannya dengan benar.

Fungsi Port LAN 1 2 3 4 IndiHome

Fungsi Port LAN 1 2 3 4 IndiHome

Perlu diketahui, settingan awal port LAN 1 2 3 4 modem IndiHome biasanya berada pada posisi Bridge Mode. Sementara supaya perangkat yang tesambung ke koneksi jaringan internet IndiHome, maka port LAN harus ada pada settingan Router Mode.

Sebagai informasi tambahan, untuk ONT GPON jalan masuk indiHome Fiber dari Telkom umumnya port LAN 3 digunakan sebagai jalur masuk internet yang disetting pada Route Mode. Sementara port LAN 1, port LAN 2 dan port LAN 4 di setting Bridge Mde yang digunakan sebagai jalur IPTV untuk jalan masuk Usee TV.

Namun seperti halnya sudah disinggung sebelumnya, pengguna sebenarnya bosa mengubah settingan port LAN 1 2 3 4 IndiHome sesuai kebutuhan serta keinginan. Akan tetapi, proses pengaturan fungsi port LAN 1 2 3 4 IndiHome tersebut harus dilakuan secara hati-hati.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika sampai terjadi kesalahan, maka kemingkinan besar internet dan Usee TV tidak akan berfungsi atau internet tidak terkoneksi dan siaran Usee TV error. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan daftar fungsi port Lan 1 2 3 4 indiHome Fiber dalam settingan default.

  • Fungsi port LAN 1 sebagai bridge mode.
  • Fungsi port LAN 2 sebagai bridge mode.
  • Fungsi port LAN 3 sebagai route mode.
  • Fungsi port LAN 4 sebagai bridge mode.

Cara Setting Port LAN 1 2 3 4 IndiHome

Sebelumnya sudah kami jelasan bahwa saat ini pelangan IndiHome Fiber sudah bisa mengatur atau mensetting fungsi masing-masing port LAN modem sesuai kebutuhan. Sebenarnya tata cara setting port LAN 1 2 3 4 IndiHome supaya bisa digunakan untuk mengakses internet terbilang mudah dilakukan, asalkan mengetahui bagaimana tahapan-tahapannya.

Sebelum menuju ke langkah-langkahnya, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat seperti laptop maupun komputer sudah terhubung ke jaringan internet IndiHome. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata cara setting port LAN 1 2 3 4 IndiHome.

1. Buka Halaman Admin Router IndiHome

1. Buka Halaman Admin Router IndiHome

Langkah pertama, silahkan buka halaman admin webpanel router IndiHome di IP Address 192.168.1.1 melalui browser seperti Google Chrome, baik itu di laptop ataupun komputer. Jika kalian menggunakan merk berbeda, silahkan cari tahu IP Address IndiHome melalui Command Prompt di perangkat. Kemudian ketik ipconfig, maka secara otomatis akan keluar informasi Default Gateway .

2. Login Admin Router IndiHome

2. Login Admin Router IndiHome

Setelah berhasil masuk ke webpanel router IndiHome, nantinya kalian diminta untuk login menggunakan usernam serta password. Biasanya router IndiHome memiliki username admin / user serta password admin / user.

3. Masuk Menu Network

3. Masuk Menu Network

Apabila berhasil login sebagai admin router IndiHome, maka secara otomatis kalian akan disuguhkan beberapa informasi. Untuk melanjutkannya, silahkan masuk ke menu Network.

4. Pilih Opsi BroadBand Settings

4. Pilih Opsi BroadBand Settings

Kemudian akan muncul kembali beberapa pilihan atau opsi pengaturan router IndiHome. Cara selanjutnya, silahkan pilih opsi BroadBand Settings di kolom sebelah kiri layar.

5. Aktifkan Port LAN 1 2 3 4 IndiHome

5. Aktifkan Port LAN 1 2 3 4 IndiHome

Setelah itu, silahkan beri tanda centang pada opsi LAN Binding, mulai dari LAN 1, LAN 2, LAN 3 hingga LAN 4. Kami ingatkan sekali lagi bahwa langkah ini dilakukan supaya port LAN 1 2 3 4 IndiHome bisa digunakan untuk mengakses internet.

6. Ketuk Apply

6. Ketuk Apply

Langkah terakhir, silahkan scroll layar ke bawah dan ketuk tombol Apply. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara setting port LAN 1 2 3 4 IndiHome berhasil dilakukan.

Perlu diingat, tata cara mensetting port LAN 1 2 3 4 IndiHome tersebut mungkin akan memiliki tampilan yang berbeda, tergantung pada merk routernya. Namun, pada intinya langkah-langkah pengaturannya sebenarnya sama saja, yaitu masyuk ke menu LAN kemudian centang opsi LAN 1, 2, 3 dan 4.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Inpaketin.com seputar fungsi port LAN 1 2 3 4 IndiHome Fiber untuk semua merk dilengkapi dengan tata cara mensettingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengubah fungsi masing-masing port LAN di router IndiHome.

Posting Komentar untuk "4 Fungsi Port LAN 1 2 3 4 IndiHome Semua Merk Modem Lengkap!"