Apa Itu Mikrotik ? Jenis, Fungsi dan Cara Instalasi

Apa Itu Mikrotik - Mikrotik adalah sistem operasi atau OS (Operating System) berbentuk perangkat lunak (software) yang digunakan pada sebuah komputer untuk router. Sistem operasi ini lebih cocok digunakan sebagai komputer jaringan administrasi, baik dalam skala kecil ataupun atau dalam skala besar.

Sistem operasi mikrotik sendiri terbagi menjadi beberapa level dan setiap levelnya memiliki kemampuan berbeda-beda. Level mikrotik sendiri mulai dari level 3 sampai dengan level 6. Mikrotik level 3 umumnya digunakan router jenis ethernet, level 4 digunakan untuk WIFI client, level 5 untuk WIFI AP dan level 6 tidak ada limit.

Penggunaan sistem operasi mikrotik sendiri lebih cocok digunakan untuk perkantoran atau usaha warung internet (Warnet). Karena menggunakan sistem operasi ini, kalian bisa membagi kecepatan internet sesuai dengan kebutuhan. Meskipun dapat juga digunakan untuk keperluan individu dirumah, jika kalian menginginkannya.

Apabila kalian ingin menggunakan sistem operasi mikrotik namun belum mengetahui jenis-jenis mikrotik, fungsi dan bagaimana cara instalasi mikrotik. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini seputar apa itu mikrotik secara lengkap.

Apa Itu Mikrotik

Fungsi Mikrotik

 Mikrotik sendiri terdiri dari beberapa fungsi, dimana setiap fungsi mikrotik akan sangat membantu para penggunanya. Baik dalam melakukan konfigurasi internet, pemblokiran situs dan berbagai macam fungsi lainnya. Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui secara lengkap apa saja fungsi mikrotik secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. Memblokir Situs

Dengan menggunakan fitur proxy pada mikrotik, maka pengguna dapat memblokir sejumlah situs yang sekiranya tidak boleh diakses dengan lebih mudah. Seperti misalnya sejumlah situs yang tidak boleh diakses oleh anak-anak ataupun sejumlah situs yang sekiranya mengandung SARA dan beberapa jenis situs lainnya.

2. Konfigurasi Internet LAN

Selain itu, fungsi mikrotik lainnya ialah dapat digunakan untuk mengkonfigurasi internet LAN. Dimana pengguna dapat mengatur kecepatan atau bandwith yang bisa digunakan pada perangkat tersebut. Kemudian alamat IP yang digunakan pada perangkat tersebut, sehingga kecepatan akses internet setiap pengguna dapat terbagi secara merata.

Jenis-Jenis Mikrotik

Sistem operasi mikrotik sendiri tidak hanya tersedia dalam satu jenis saja, melainkan ada dua jenis mikrotik, yaitu Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Kedua jenis mikrotik ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja mikrotik RouterOS membutuhkan perangkat khusus untuk instalasi, sedangkan RouterBoard tidak.

1. RouterBoard

Mikrotik RouterBoard adalah perangkat keras yang digunakan untuk menginstal sistem operasi mikrotik. Jadi untuk kalian yang sekiranya tidak ingin menginstal mikrotik pada komputer khusus, maka kalian bisa menggunakan RouterBoard untuk menginstal sistem operasi mikrotik yang nantinya juga dapat digunakan sebagai router jaringan.

2. Mikrotik RouterOS

Mikroitk RouterOS adalah sistem operasi dengan basis utama UNIX yang dapat menjadikan sebuah komputer memiliki sejumlah fitur seperti Firewall, Router, Hotspot, Bridge, Proxy Server dan beberapa fitur mikrotik lainnya. Karena lengkapnya fitur mikrotik yang memudahkan seseorang membuat router, maka banyak orang menggunakan Mikrotik RouterOS.

Cara Instalasi Mikrotik

Untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui bagaimana cara instal mikrotik secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihat cara tersebut dibawah ini. Namun sebelum kalian melakukan instalasi mikrotik, pastikan kalian sudah mempersiapkan file ISO mikrotik yang nantinya akan diinstal pada perangkat yang akan digunakan.

Cara Instalasi Mikrotik RouterOS

  • Sebelum melakukan instalasi, pastikan kalian sudah mempersiapkan file sistem operasi mikrotik dengan format ISO. Untuk yang belum memiliki file tersebut bisa download disini.
  • Buat file instalasi Mikrotik OS tersebut dalam bentuk bootable menggunakan CD atau USB.
  • Setelah itu silahkan masukan CD atau colokan USB ke perangkat yang ingin diinstal Mikrotik.
  • Selanjutnya tinggal masuk ke menu BIOS, kemudian cari menu Boot Device. Pastikan file ISO mikrotik berada pada posisi 1st Boot Device.
  • Cara selanjutnya tinggal pilih menu Save & Exit.
  • Setelah itu tinggal menunggu proses instalasi berjalan sampai dengan muncul menu fitur Mikrotik seperti dibawah ini.

  • Selanjutnya kalian tinggal memilih fitur apa saja yang ingin diinstal. Silahkan kalian gunakan tombol arah untuk mengarah kan ke fitur yang diinginkan, kemudian tekan Spasi untuk memilih fitur. Setelah kalian yakin dengan fitur yang ingin diinstal, silahkan tekan tombol "i".
  • Setelah itu akan muncul notifikasi pemberitahuan "Do you want to keep old configuration?", karena proses instalasi yang dilakukan baru dilakukan, maka silahkan pilih "N". Namun untuk kalian yang sudah pernah melakukan dan ingin menyimpan konfigurasi mikrotik lama, maka silahkan kalian pilih "Y".

 

  • Sedangkan untuk pertanyaan selanjutnya yaitu pada bagian Continue? silahkan kalian pilih "Y" untuk melanjutkan proses instalasi mikrotik.
  • Kemudian proses instalasi mikrotik akan berjalan seperti gambar dibawah ini.

 

  • Apabila proses instalasi sudah selesai, maka silahkan tekan "Enter" untuk reboot atau restart komputer.
  • Setelah itu, mikrotik OS akan booting dan muncul halaman login seperti dibawah ini.


  • Silahkan masukan "admin" pada bagian login kemudian Enter, setelah itu kosongkan pada bagian password. Kemudian dilanjutkan dengan tekan Enter dan proses instalasi sudah berhasil.
  • Untuk memeriksa apakah interface sudah terdeteksi pada mikrotik, silahkan kalian ketikan "interface pr" kemudian Enter.
  • Apabila sudah terdeteksi akan muncul jumlah interface yang tersedia dengan nama ether.

Cara Mengaktifkan Lisensi Mikrotik

  • Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan atau memasukan lisensi mikrotik bisa menggunakan Winbox versi 2.2.18.
  • Setelah berhasil mendownload Winbox, silahkan buka Winbox kemudian pilih menu titik tiga (...) pada bagian kolom Connect To seperti dibawah ini.

 

  • Setelah itu silahkan pilih silahkan pilih MAC Address yang tersedia.


  • Setelah memilih MAC Address, kemudian kalian pilih menu Connect. Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini.


  • Setelah itu silahkan kalian pilih menu License.
  • Apabila sudah terbuka, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Dimana mikrotik belum dapat digunakan secara penuh karena masih memiliki masa aktif atau Expires In masih aktif.

 

  • Untuk mengaktifkan lisensi mikrotik, silahkan pilih menu Import Key, kemudian arahkan pada file crack mikrotik dengan format .KEY pada folder crack file ISO yang kalian download pertama tadi.
  • Apabila linsensi mikrotik sudah dimasukan, selanjutnya akan muncul perintah untuk Reboot. Silahkan kalian pilih menu Yes.
  • Setelah perangkat kembali menyala, silahkan kalian buka kembali aplikasi Winbox dan pilih MAC Address kembali seperti diatas, lalu pilih Connect.
  • Apabila proses aktivasi lisensi mikrotik telah berhasil, maka tidak akan muncul lisensi seperti pertama kali menghubungkan mikrotik.

Cara Mencegah Router di Hack

Tidak jarang sebuah sistem itu rentan untuk di hack, sama halnya dengan router yang digunakan pada umumnya. Nah, untuk mencegah terjadinya router di hack oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, maka kalian bisa melakukan beberapa cara mecegah router di hack berikut ini.

  • Gunakan password WIFI yang tidak mudah ditebak, misalnya menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, kemudian menambahkan simbol dan angka.
  • Mengganti password WIFI secara berkala, penggantian password secara berkala pastinya akan membuat bingung orang yang akan meretas jaringan WIFI kalian.
  • Periksa pengguna WIFI, pastikan kalian selalu memeriksa pengguna WIFI secara berkala. Barang kali saja terdeteksi pengguna WIFI tanpa izin.

Kesimpulan

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang apa itu mikrotik yang sekiranya Inpaketin.com dapat berikan kepada kalian semua pada kesempatan ini, mudah-mudahan saja informasi tentang apa itu mikrotik yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat dan membantu kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Mikrotik ? Jenis, Fungsi dan Cara Instalasi"