10 Cara Setting Mikrotik Indihome PPPoE Modem Terbaru

Cara Setting Mikrotik Indihome - Mikrotik adalah salah satu sistem operasi yang berfungsi untuk membuat komputer menjadi sebuah router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok digunakan pada sistem administrasi komputer.

Seperti misalnya adalah warnet (warung internet) sebagai salah satu contoh sistem jaringan dengan skala kecil, sedangkan untuk perkantoran merupakan salah satu sistem jaringan administrasi dengan skala besar karena sudah terbagi menjadi beberapa bagian.

Menggunakan mikrotik juga para pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan, mulai membagi kecepatan internet pada setiap perangkat, membatasi akses setiap perangkat sampai melakukan Setting DNS Mikrotik.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi tentang cara setting mikrotik indihome. Barang kali saja diantara kalian para pengguna internet indihome ada yang ingin membagi jaringan internetnya menggunakan mikrotik.

Cara Setting Mikrotik Indihome

Perlengkapan Setting Mikrotik Indihome

Sebelum kami lanjutkan ke cara setting mikrotik indihome, maka kalian perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan setting mikrotik indihome terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah memiliki routerboard atau menginstal routerOS pada salah satu perangkat.

Setelah mempersiapkan mikrotik, silahkan kalian setting juga topologi mikrotik atau susunan jaringan yang akan digunakan. Jenis-jenis topologi mikrotik sendiri ada banyak, mulai dari topologi bus, topologi ring, topologi star sampai topologi tree.

Setiap jenis topologi memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, perbedaan setiap jenis topologi mikrotik sendiri hanya terdapat pada skala jaringan komputer itu sendiri. Silahkan kalian pilih salah satu macam topologi mikrotik yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Perlengkapan terakhir yang perlu dipersiapkan ialah menginstal aplikasi Winbox. Dimana aplikasi ini yang nantinya digunakan untuk melakukan berbagai macam pengaturan pada mikrotik yang akan digunakan.

Cara Setting Mikrotik Indihome

Setelah mengetahui apa saja perlengkapan untuk setting mikrotik indihome, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara setting mikrotik pada modem indihome secara lengkap yang bisa kalian lihat dibawah ini.

1. Hubungkan PC Pada Mikrotik

Pertama-tama silahkan kalian hubungkan terlebih dahulu salah satu perangkat yang akan digunakan sebagai komputer administrator dengan mikrotik. Kalian bisa hubungkan komputer ke salah satu port LAN yang ada pada mikrotikboard.

2. Setting IP Pada PC Administrator

 

Setelah kabel LAN terhubung, maka cara selanjutnya ialah setting IP address pada PC tersebut dengan cara membuka Properties pada icon jaringan internet yang digunakan. Setelah itu silahkan lakukan pengaturan sebagai beriku:

IP = 192.168.88.2
Subnet = 255.255.255.0
Gateway = 192.168.88.1

3. Buka Aplikasi Winbox

Cara selanjutnya ialah membuka aplikasi Winbox. Kemudian pilih menu "..." dan pilih Mac Address yang muncul supaya dapat login ke mikrotik.

4. Login Winbox


 

Setelah memilih Mac Address yang digunakan, cara selanjutnya tinggal login aplikasi tersebut dengan mengisikan Username: admin dan Password kosongkan saja. Kemudian pilih menu Connect pada bagian kanan.

5. Ganti Nama Koneksi Interface

Untuk lebih mempermudah dalam melakukan pengaturan, silahkan ganti nama koneksi interface yang akan diguankan dengan cara pilih menu Interface, kemudian pilih ethernet2. Koneksi ethernet2 yang nantinya akan digunakan sebagai koneksi LAN.

6. Mengisi Data Interface

Setelah membuka bagian ethernet2, silahkan pilih menu Comment yang ada disebelah kanan, kemudian isikan sesuai dengan kondisi. Sebagai contoh bisa diisikan dengan nama "Koneksi LAN", setelah itu pilih Apply dan OK.

7. Memberi IP Address

Cara selanjutnya ialah memberikan IP Address pada perangkat. Karena koneksi utama yang digunakan ialah koneksi internet indihome, dimana IP yang digunakan pada indihome adalah IP kelas C yaitu 192.168.1.2 dengan Gateway 192.168.1.1

Maka kalian bisa isikan pada bagian IP Address dengan 192.168.1.2/24, dengan cara memilih menu IP pada bagian menu sebelah kiri, kemudian pilih Address. Setelah itu silahkan pilih menu Apply dan OK.

8. Setting Router Mikrotik

Setelah melakukan pengaturan IP Address, maka cara selanjutnya ialah melakukan pengaturan router dengan cara memilih menu IP, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Routers.

Selanjutnya isikan pada bagian Dst.address = "0.0.0.0/0" kemudian pada bagian Gateway = "192.168.1.1", setelah itu silahkan pilih menu Apply dan OK.

9. Setting NAT (Network Address Translation)

Cara selanjutnya ialah melakukan settingan pada NAT (Network Address Translation) dengan cara memilih menu IP, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Firewall. Setelah itu silahkan pilih pada bagian tab NAT dan klik icon "+".

Pada bagian tab General, silahkan isi Chain = "src-nat", kemudian pada bagian Out Interface = "ethernet2". Lalu pindah ke bagian tab Action dan isikan bagian Action = "masquarde". Setelah itu pilih Apply dan OK.

10. Setting DNS Mikrotik

Cara terakhir ialah melakukan setting DNS (Domain Name Server) mikrotik. Dengan cara memilih menu IP disebelah kiri, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu DNS. Silahkan isikan sesuai dengan DNS yang ingin digunakan.

Disini kami mencontohkan dengan DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Setelah mengisikan DNS yang ingin digunakan, kemudian centang pada bagian Allow Remote Request. Terakhir tinggal pilih Apply dan OK.

Kesimpulan

Silahkan kalian melakukan pengaturan yang sama untuk beberapa perangkat lainnya yang ingin dihubungkan dengan mikrotik yang digunakan. Jangan lupa untuk mengganti koneksi interface untuk lebih mudah dalam melakukan pengaturan.

Sangat mudah bukan untuk melakukan cara setting mikrotik indihome, dengan ini berakhir sudah informasi yang sekiranya dapat Inpaketin.com berikan untuk kalian semua. Mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat.

Posting Komentar untuk "10 Cara Setting Mikrotik Indihome PPPoE Modem Terbaru"