√ Urutan Warna Kabel Fiber Optic 12 & 24 Core & Lengkap Penjelasan

Urutan Warna Kabel Fiber Optic - Pada sebuah kabel fiber optic dengan jumlah core yang banyak, maka core tersebut akan dikelompokkan dalam satu selubung (tube). Satu tube tersebut mengandung 12 warna kabel fiber optik core.

Dengan demikian, kabel fiber optic 24 core memiliki 2 tube yang masing-masing akan berisi 12 warna core serat optic dan berbeda satu sama lain. Warna selubung untuk pembungkus kelompok warna core serat optik juga berdasarkan urutan.

Bagi para pemula atau orang baru tentu belum paham akan urutan warna kabel fiber optic dan akan bertanya apa saja urutan warna tersebut. Tidak perlu khawatir akan ketidaktahuan mengenai urutan-urutan warna kabel fiber optic.

Jika dipembahasan sebelumnya sudah disampaikan alat alat fiber optic, kali ini akan sajikan informasi lengkap terkait urutan warna kabel fiber optik secara lengkap dengan kode warna kabel serat optik dari jaket, penyangga, tabung, konektor, dan lainnya.

Urutan Warna Kabel Fiber Optic
Urutan Warna Kabel Fiber Optic

Nah di dalam sebuah kabel multi-serat, serat individu juga nantinya sesuai dengan kode warna serat. Nantinya mereka sering dibedakan satu sama lain dengan jaket berkode warna, buffer atau tabung pada setiap seratnya.

Menurut EIA / TIA-598, serat bagian dalam akan diberi kode warna dalam kelompok yang terdiri dari 12 serat dan dihitung searah dengan jarum jam. Lantas apa saja urutan warna kabel optic tersebut? Ini dia urutan warna kabel fiber optik 24 core:

  1. Biru (Blue)
  2. Oranye (Orange)
  3. Hijau (Green)
  4. Coklat (Brown)
  5. Abu (Slate)
  6. Putih (White)
  7. Merah (Red)
  8. Hitam (Black)
  9. Kuning (Yellow)
  10. Ungu (Violet)
  11. Pink (Rose)
  12. Toska (Aqua)
  13. Biru dengan pelacak hitam
  14. Orange dengan pelacak hitam
  15. Hijau dengan pelacak hitam
  16. Coklat dengan pelacak hitam
  17. Abu dengan pelacak hitam
  18. Putih dengan pelacak hitam
  19. Merah dengan pelacak hitam
  20. Hitam dengan pelacak kuning
  21. Kuning dengan pelacak hitam
  22. Violet dengan pelacak hitam
  23. Mawar dengan pelacak hitam
  24. Aqua dengan pelacak hitam

Agar mudah untuk penghafalan, Anda bisa menginatknya dengan sebuah singkatan atas ke 12 warna yang ada di dalam kabel fiber optic tersebuit. Di mana singkatan itu dari urutan warnanya adalah BOHCAPMHKUPT dan ada tambahan silver dan gold pada kabel tipe tertentu.

Kode Warna Jaket Luar

Untuk jaket atau cetakan luar berwarna dapat digunakan di luar pabrik dan kabel serat bangunan. Seperti misalnya kabel distribusi serat, kabel patch serat optik, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam EIA / TIA-598, kode warna serat akan menentukan kode warna jaket untuk jenis serat berbeda. Dengan begitu, untuk kabel fiber optik yang hanya mengandung satu jenis fiber maka dapat diidentifikasi dari warna jaketnya.

Terkecuali ditentukan dengan hal lain, selubung luar kabel tempat yang berisi lebih dari satu jenis serat harus menggunakan keterangan tercetak untuk mengidentifikasi jumlah dan jenis serat di dalam kabel seperti misalnya “12 Serat 8 x 50/125, 4 x 62,5 / 125”.

Nah untuk lebih jelas berikut adalah kode warna jaket kabel fiber optik 24 core dan berbagai jenis serat yang ada. Silakan pahami tabel kode warna jaket luar di bawah ini.

JENIS SERAT

KODE WARNA

Aplikasi Non-militer

Aplikasi Militer

Nomenklatur Cetak Disarankan

OM1 62,5 / 125µm Multimode

Orange

Batu tulis

62,5 / 125

OM2 50 / 125µm Multimode

Orange

Orange

50 / 125

OM3 50/125 µm (850 nm Laser-Optimized) Multimode

Aqua

Tidak terdefinisi

850 LO 50/125

OM4 50 / 125µm (850 nm Laser-Optimized) Multimode

Aqua / Violet

Tidak terdefinisi

850 LO 50/125

100 / 140µm Multimode

Orange

hijau

100/140

Mode Tunggal OS1 / OS2

Kuning

Kuning

SM / NZDS, SM

Polarisasi Mempertahankan Mode Tunggal

Biru

Tidak terdefinisi

Tidak terdefinisi

Kode Warna Konektor

Selain warna kabel fiber optik di atas, konektor juga menjadi bagian dari kode warna serat. Itu dikarenakan ada gaya polesan yang berbeda pada permukaan ujung serat, konektor jumper serat dan adaptor kawin yang diberi kode warna untuk identifikasi.

Tetapi, kemunculan konektor logam seperti FC dan ST membuat kode warna konektor lebih menjadi sulit. Sehingga sepatu bot pelepas tegangan berwarna juga digunakan, nah untuk warna boot mungkin berbeda di setiap produsen konektornya.

JENIS SERAT

GAYA POLANDIA

BADAN KONEKTOR

STRAIN RELIEF / ADAPTOR KAWIN

OM1 62,5 / 125

UPC

Beige / Grey

Beige / Grey

OM2 50/125

UPC

Hitam

Hitam

Laser OM3 / OM4 50/125 dioptimalkan

UPC

Aqua

Aqua

Mode Tunggal

UPC

Biru

Biru

Mode Tunggal

APC

hijau

hijau

Kesimpulan

Kiranya itu saja pembahasan terkait urutan warna kabel fiber optik beserta informasi terkait lain yang dapat inpaketin.com sajikan. Semoga dengan adanya urutan warna fiber optic tersebut, bagi Anda yang bertanya dan masih belum paham urutan warnanya bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "√ Urutan Warna Kabel Fiber Optic 12 & 24 Core & Lengkap Penjelasan"