7 Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik Dengan Proxy dan DNS

Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik - Untuk kalian yang sekiranya suka melakukan browsing internet melalui komputer, tidak jarang menemui beberapa situs yang diblokir. Terlebih lagi jika kalian mengakses situs tersebut melalui komputer di warnet atau kantor.

Hal tersebut dikarenakan situs tersebut memang diblokir menggunakan mikrotik oleh pemilik atau administrator. Sehingga para pengguna biasa tidak dapat mengakses situs tersebut karena memang tidak memiliki izin.

Beberapa situs yang umumnya diblokir ialah Youtube. Tidak jarang para administrator melakukan Blok Youtube di Mikrotik dengan alasan supaya para pengguna lebih fokus dengan pekerjaan atau beberapa alasan lainnya.

Nah, untuk kalian yang sekiranya menemui beberapa situs yang diblokir pada mikrotik, kemudian kalian ingin mengetahui bagaimana cara buka situs yang diblokir tersebut. Maka kalian bisa melihat cara buka situs tersebut secara lengkap dibawah ini.

Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik

Kenapa Situs Web Diblokir Mikrotik

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, beberapa situs pada sistem jaringan mikirotik mungkin ada yang diblokir. Hal tersebut bertujuan supaya orang tidak dapat mengakses situs tersebut dengan alasan supaya lebih fokus kerja. Hal tersebut biasanya akan berlaku dikantor.

Alasan lain kenapa situs web diblokir mikrotik biasanya bertujuan agar orang-orang tidak dapat mengakses situs tersebut dikarenakan situs tersebut merupakan situs tidak baik atau situs untuk orang dewasa.

Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik

Cara buka situs yang diblokir mikrotik sendiri ada beberapa cara, mulai dari cara buka situs dengan mengganti DNS, menggunakan Proxy atau VPN dan beberapa cara lainnya. Namun cara tersebut ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Karena tingkat keamanan atau firewall yang digunakan untuk blokir situs pada mikrotik itu sendiri berbeda-beda. Adapun untuk kalian yang sudah ingin mengetahui cara buka situs yang diblokir secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. Mengubah DNS

Cara pertama ialah mengubah DNS IP internet. Untuk beberapa kasus cara ini merupakan cara paling efektif dan aman, karena kalian cukup mengubah DNS IP internet saja. Tanpa harus mengubah IP internet yang sedang digunakan.

DNS yang digunakan pada IP internet umumnya menggunakan auto DNS. Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengganti bisa mencari DNS sendiri di Google. DNS yang umumnya digunakan diantaranya adalah 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

2. Menggunakan Proxy

Cara berikutnya ialah menggunakan proxy. Kalian bisa mencari sejumlah situs yang menyediakan proxy di internet, kemudian menggantinya pada settingan brwoser yang digunakan untuk membuka situs yang diblokir tersebut.

Namun perlu diingat, pada saat kalian mengganti proxy browser. Usahakan untuk tidak membuka sejumlah situs sosial media ataupun beberapa akun penting seperti misalnya gmail dan lainnya. Karena hal tersebut akan terdeteksi akun kalian sedang diakses oleh orang lain.

3. Menggunakan VPN

Cara selanjutnya ialah menggunakan VPN. Menggunakan VPN tidak berbeda jauh dengan menggunakan proxy, karena menggunakan VPN juga akan merubah IP internet yang digunakan oleh pengguna.

Cuma perbedaan Proxy dan VPN terdapat pada cara menggunakannya saja. Kalau VPN menggunakan aplikasi, dimana para pengguna tinggal menekan tombol connect. Sedangkan menggunakan proxy harus mengganti IP secara manual pada browser.

4. Menggunakan Jasa Translate

Cara selanjutnya ialah menggunakan jasa translate, seperti misalnya jasa Google Translate. Cara ini mungkin tidak terpikirkan oleh beberapa orang, namun cara ini ternyata bisa membuka situs yang diblokir mikrotik.

Kalian cukup mengunjungi salah satu situs jasa translate, kemudian masukan link situs yang ingin dibuka. Maka situs yang diblokir tersebut akan terbuka namun sudah dalam tampilan bahasa sesuai dengan translate yang digunakan.

5. Menambah Ekstensi Browsec

Cara buka situs yang diblokir mikrotik selanjutnya ialah menggunakan ekstensi browsec. Ekstensi browsec merupakan ekstensi VPN, sehingga cara kerja ekstensi ini tidak berbeda jauh dengan cara kerja aplikasi VPN.

Hanya saja, kalian tidak perlu menginstal aplikasi VPN. Karena kalian cukup menambahkan ekstensi browsec pada browser yang digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Setelah menambahkan ekstensi tersebut, maka secara otomatis IP yang digunakan pada browser akan berbeda dengan IP aslinya.

6. Menggunakan Short Link

Cara selanjutnya ialah menggunakan short link. Jasa short link sendiri sudah tersedia banyak sekali di internet, kalian tinggal mencari salah satu jasa short link tersebut. Kemudian kalian masukan situs yang diblokir mikirotik, kemudian akses situs tersebut menggunakan short link yang telah dibuat.

Kenapa short URL bisa membuka situs yang diblokir? hal tersebut dikarenakan pengaturan pada mikrotik memasukan URL atau link situs yang ingin diblokir. Misalnya adalah Youtube.com

Maka ketika seseorang mengakses situs Youtube.com tidak akan terbuka. Akan tetapi pada saat situs Youtube.com tersebut diubah URL atau linknya, maka firewall yang memblokir situs Youtube.com tidak bekerja. Karena pengguna mengakses dengan nama yang berbeda.

7. Mengakses IP Situs Yang Diblokir

Cara terakhir ialah dengan mengakses IP situs yang diblokir. Mengakses situs yang diblokir dengan IP tidak berbeda jauh dengan cara menggunakan short link. Karena seperti penjelasan kami diatas, mikrotik memblokir situs berdasarkan URL yang digunakan.

Ketika pengguna mengakses URL yang dimasukan dalam daftar blok, maka pengguna tidak akan dapat mengakses situs tersebut. Akan tetapi, pada saat pengguna mengakses dengan nama yang berbeda, situs yang diblokir tersebut akan dapat diakses kembali.

Cara mengetahui IP situs website sendiri bisa memanfaatkan aplikasi CMD atau Command Prompt. Kalian cukup mengetikan "PING <spasi> URL Situs" kemudian enter. Setelah itu, IP pada situs tersebut akan terlihat.

Kesimpulan

Dari beberapa cara buka situs yang diblokir mikrotik diatas, apakah kalian bisa menemukan salah satu cara yang sesuai dengan kalian. Semoga saja informasi yang baru saja Inpaketin.com berikan pada kesempatan ini dapat memberikan banyak manfaat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik Dengan Proxy dan DNS"