Lampu Internet Indihome Mati ? Penyebab & Cara Mengatasi

Lampu Internet Indihome Mati - Sebagai pengguna internet Indihome, tentunya suka dan duka menggunakan jaringan internet terlaris dan terbesar di Indonesia sudah pernah kita alami. Hal tersebut tentunya sangatlah umum, bahkan bukan hanya bisa terjadi pada jaringan Indihome saja. Melainkan bisa juga menimpa pada provider jaringan internet rumah lainnya.

Salah satu masalah paling sering dialami pengguna Indihome mungkin koneksi yang tiba-tiba lemot atau bahkan tidak bisa digunakan. Namun masalah seperti itu umumnya dapat kita selesaikan dengan hanya merestart modem. Kendala lain yang juga cukup sering kita alami sebagai pengguna Indihome yaitu lampu internet Indihome mati.

Kami yakin tidak sedikit dari kita sebagai pengguna Indihome yang pernah mengalami masalah ini. Secara umum koneksi internet yang tiba-tiba terputus bisa terjadi dengan berbagai macam indikator, baik lampu indikator internet merah, lampu indikator DSL / ADSL berkedip secara terus menerus atau lampu ADSL / DSL sama sekali tidak menyala atau mati maupun masalah lainnya.

Maka dari itu, sangat di sarankan bagi kita untuk bisa memahami dan mengetahui secara rinci arti lampu indikator yang terdapat pada modem Indihome. Sehingga kita bisa dengan mudah mengatasi masalah yang terjadi ketika lampu internet Indihome mati. Untuk itu, dibawah ini inpaketin.com sudah siapkan data arti indikator, penyebab dan juga cara mengatasi lampu internet Indihome mati.

Lampu Internet Indihome Mati

Arti Indikator Lampu Internet Indihome

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang penyebab dan cara mengatasi lampu internet Indihome mati, berikut adalah arti status indikator lampu modem Indihome.

  • PON, lampu yang otomatis nyala saat modem sudah di konfigirasi teknisi.
  • Power, untuk mengetahui modem berfungsi normal / tidak saat terhubung ke listrik PLN.
  • LOS, lampu penanda transisi modem, jika menyala merah (LOS) biasanya ada sambungan kabel terputus.
  • Internet, penanda aktif tidaknya koneksi internet dalam modem, jika lampu berkedip biasaanya sedang ada gangguan.
  • WiFi, indikator aktif tidaknya jaringan WiFi.
  • Phone, indikator sambungan telepon saat sedang tersambung.
  • LAN, jika lampu menyala pada LAN, berarti port terhubung ke komputer, TV atau perangkat lainnya.
  • WPS, penanda aktif tidaknya fitur WPS.
  • USB, indikator untuk mengetahui port yang USB sedang tersambung.
  • LINK, indikator aktif tidaknya koneksi internet.
  • TEL, untuk melihat sambungan telepon yang terhubung ke modem Indihome.
  • VOIP, penanda aktif tidaknya jaringan telepon yang digunakan.
  • AUTH, indokator proses autentifikasi modem yang dilakukan Indihome.

Kondisi Lampu Internet Indihome Mati

Dari penjelasan singkat yang sudah kami sampaikan di atas, setidaknya bisa kita tarik kesimpulan bahwa lampu internet Indihome mati sendiri bisa di sebabkan banyak masalah dan memililki kondisi yang berbeda-beda untuk setiap jenis modem maupun koneksinya.

Maka dari itu, setiap kondisi lampu internet mati tentunya memiliki metode atau cara tersendiri untuk mengatasinya. Jadi buat kalian yang memang penasaran dan ingin mengetahui apa saja kondisi dan bagaimana solusi atau cara mengatasi lampu internet Indihome mati, berikut penjelasan lengkapnya.
  • Lampu DSL / ADSL Normal tapi lampu internet menyala terus atau tidak berkedip.
  • Lampu DSL / ADSL Normal tapi lampu internet indikator mati.
  • Lampu DSL / ADSL Normal tapi lampu internet berwarna merah.
  • Lampu DSL / ADSL mati total.

Penyebab Lampu Internet Indihome Mati

Menyoal penyebab, secara teknis ada banyak sekali masalah yang mungkin saja menjadi penyebab lampu internet Indihome mati. Dan secara umum, berikut beberapa hal yang mungkin sering membuat lampu modem Indihome mati.
  • Sedang ada gangguan masal atau skala nasional
  • Kabel fiber terputus.
  • Atau kesalahan pihak pengguna yang terlalu sering melakukan perubahan / pengaturan pada system modem Indihome.
  • Ada sambungan kabel fiber optik yang kurang baik.
  • Setingan kode VPI dan VCI ataupun setingan Default Route tidak aktif.

Cara Mengatasi Lampu Internet Indihome Mati

Sampai disini apakah sudah paham dan jelas apa saja hal yang akan membuat lampu internet Indihome mati?. Jika sudah, dan kalian ingin tahu bagaimana cara mengatasinya, berikut kiranya beberapa hal atau langkah yang perlu untuk kalian lakukan ketika mengalami masalah seperti ini.
  1. Pertama silahkan coba matikan modem Indihome dan tunggu selama kurang lebih 10 menit dan hidupkan kembali.
  2. Jika memang lampu internet LOS yang ditandai berwarna merah, maka sudah bisa dipastikan hal ini dikarenakan adanya kabel fiber optik yang terputus dan harus meminta bantuan ke teknisi dengan menghubungi 147.
  3. Jika perlu lakukan reset untuk membuat settingan atau pengaturan modem kembali ke default.
  4. Bila semua cara di atas tidak bisa kalian gunakan, cobalah untuk mencabut kabel power atau adaptor  yang terhubung ke modem lalu tunggu setidaknya antara 2 - 3 menit dan nyalakan kembali.
  5. Jika lampu Indihome mati tapi internet bisa berjalan, kemungkinan besar hal ini karena adanya gangguan masal dan mau tidak mau kita sebagia pengguna harus menunggu sampai semuanya normal kembali.
  6. Periksa jaringan WiFi apakah sudah kalian atur sesuai dengan ketentuan yang ada atau tidak.

Kesimpulan

Itulah kiranya beberapa hal yang bisa kami jelaskan terkait penyenab dan cara mengatasi lampu indikator Indihome mati. Jika semua cara di atas tidak juga bisa mengatasi masalah yang ada, sebaiknya segera hubungi layanan call center Indihome untuk meminta bantuan pihak petugas.

Posting Komentar untuk "Lampu Internet Indihome Mati ? Penyebab & Cara Mengatasi"