7 Cara Mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE & Manfaatnya

Cara Mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE – Untuk memenuhi kebutuhan internet rumah, saat ini banyak masyarakat yang memilih pasang Wifi. Dari sekian banyak penyedia jasa layanan internet rumah,  Indihome merupakan salah satu yang paling popular.

Bisa dibilang, Indihome menjadi pelopor hadirnya layanan internet rumah di Indonesia. Dengan begitu, tidak heran jika hingga saat ini Indihome sudah menyediakan jaringan di hamper Semua wilayah di Indonesia, tak terkecuali Daerah kampung terpencil yang jauh dari area Perkotaan.

Bicara mengenai Indihome, pastinya banyak dari kalian yang sudah terdaftar sebagai pelanggan internet rumah tersebut. Jika demikian, pernahkah kalian mengalami masalah koneksi yang tiba -tiba lemot? Perlu diketahui bahwa masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh Port LAN pada Router Indihome yang belum diaktifkan.

Untuk saat ini Indihome memberikan 3 (tiga) merk perangkat Router pada setiap pelanggan, salah satunya adalah ZTE. Nah, untuk kalian pelanggan Indihome yang kebetulan menggunakan Router merk ZTE, berikut kami punya informasi mengenai tata cara mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE.

Syarat Aktivasi Port LAN Indihome ZTE

Seperti kami singgung diatas bahwa Port LAN pada Router Indihome ZTE yang belum diaktifkan semuanya bisa menyebabkan koneksi menjadi lambat. Sementara itu pada Router atau Modem Indihome ZTE terdapat 4 Port LAN.

3 dari 4 Port LAN yang tersedia bisa digunakan untuk menyambungkan Router ke perangkat seperti PC, Laptop, PlayStation dan lain sebagainya menggunakan kabel LAN. Sedangkan untuk 1 Port yang tersisa biasanya dipakai untuk menghubungkan Router ke TV (khusus pelanggan Indihome paket Internet + TV).

Terkadang ada beberapa pelanggan yang sama sekali tidak paham mengenai internet rumah, sehingga tidak mengerti bahwa koneksi Indihome bisa diatasi dengan cara mengaktifkan Port LAN. Sebelum kami jelaskan tata cara melakukannya, terlebih dahulu kalian perlu simak beberapa syarat sebagai berikut :

  • Perangkat yang digunakan (Smartphone / PC / Laptop) harus sudah connect ke Wifi Indihome
  • Mengetahui alamat IP dari Router ZTE
  • Mengetahui data Login Router ZTE

Cara Mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE

Cara Mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE

Apabila semua syarat diatas sudah terpenuhi, maka sekarang kita lanjut ke tata cara mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE. Diatas sempat kami singgung bahwa 3 dari 4 Port LAN yang tersedia di Modem Indihome ZTE terdapat 1 Port yang sudah aktif karena digunakan untuk menghubungkan Modem ke TV.

Sementara itu, jika 3 Port yang tersisa belum diaktifkan, maka kalian bisa melakukan tata cara sebagai berikut untuk mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE :

1.      Kunjungi Alamat IP

1.      Kunjungi Alamat IP

Langkah pertama silahkan buka browser di smartphone, PC atau Laptop. Pastikan perangkat tersebut sudah terhubung ke Wifi Indihome. Setelah itu masukkan alamat IP Router Indihome ZTE yaitu 192.168.1.1

2.      Masukkan Data Login

2.      Masukkan Data Login

Kemudian pada halaman berikutnya silahkan masukkan data Login yang terdiri dari Username dan Password.

3.      Pilih Menu Network

3.      Pilih Menu Network

Lalu pada halaman Dashboard, kalian pilih menu Network.

4.      Pilih Menu LAN

4.      Pilih Menu LAN

Setelah itu pilih menu +LAN dibagian bawah.

5.      Tap DHCP Port Service

5.      Tap DHCP Port Service

Maka akan muncul beberapa pilihan Sub Menu, disini langsung saja klik DHCP Port Service.

6.      Aktifkan Port LAN Indihome

6.      Aktifkan Port LAN Indihome

Lihat tampilan di sebelah kanan dimana tertera LAN 1, LAN 2 dan LAN 3 masih berstatus Default. Silahkan klik arah panah kebawah pada setiap Port lalu pada pilih LAN pada tampilan pop-up yang muncul untuk mengaktifkan Port LAN di Router Indihome ZTE.

7.      Klik Submit

7.      Klik Submit

Jika sudah, klik Submit untuk menyimpan pengaturan tersebut. Selesai.

Keuntungan Mengaktifkan Semua Port LAN di Wifi Indihome ZTE

Keuntungan Mengaktifkan Semua Port LAN di Wifi Indihome ZTE

Sampai disini kalian sudah tahu bagaimana langkah-langkah mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE. Selanjutnya kami juga ingin menjelaskan Keuntungan yang bakal diperoleh setelah melakukan tata cara diatas, antara lain sebagai berikut :

Proses Aktivasi Lebih Mudah

Pertama, pengguna Modem Indihome ZTE bisa mengaktifkan Port LAN dengan proses yang jauh lebih mudah dibandinkan Modem Huawei maupun Fiberhome.

Memaksimalkan Koneksi Indihome

Kedua, dengan mengaktifkan semua Port LAN yang tersedia di Modem Indihome ZTE kalian bisa memasangkan kabel LAN untuk kemudian dihubungkan ke PC, Laptop, PlayStation dan berbagai perangkat lainnya. Dengan begitu, koneksi internet yang disalurkan ke perangkat tersebut akan jauh lebih kencang.

Bisa Membuat SSID Baru

Ketiga, setelah berhasil mengaktifkan semua Port LAN di Indihome ZTE nantinya kalian bisa membuat SSID baru sekaligus menambahkan pemancar menggunakan kabel LAN yang terpasang di salah satu Port LAN pada Modem. Dengan begitu, kalian bisa menikmati koneksi internet super cepat di setiap sudut rumah meskipun jauh dari Posisi Router utama.

Itulah pembahasan dari Inpaketin.com mengenai tata cara mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE yang mungkin belum banyak diketahui oleh kalian, khususnya para pelanggan baru yang belum paham betul soal internet rumah. Setelah mengetahui cara ini, nantinya kalian tidak perlu memanggil teknisi Indihome hanya untuk mengaktifkan Port LAN pada Router Indihome ZTE.

Menariknya lagi, melalui cara diatas kalian bisa memperoleh banyak Keuntungan, terutama dari segi kecepatan koneksi internet yang tidak akan lemot lagi. Sehingga aktivitas Online seperti WFH, Sekolah Online maupun Streaming film bakal lebih memuaskan. Sekian tutorial yang inpaketin bisa berikan kepada sobat sekalian.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengaktifkan Port LAN Indihome ZTE & Manfaatnya"