20 Cara Cek Tiang Indihome Terdekat & Pengajuan Tiang Baru

Cara Cek Tiang Indihome Terdekat – Tidak bisa dipungkiri bahwa semenjak adanya Pandemei COVID-19 kemarin banyak masyarakat yang memilih berlangganan internet rumah. Hal ini dikarenakan pada saat ini banyak karyawan serta pelajar yang harus melakukan aktivitas nya dari rumah secara Online, dengan begitu pastinya butuh koneksi internet yang lancar dan stabil.

Bicara mengenai penyedia jasa internet rumah, hingga saat ini Indihome menjadi salah satu pilihan paling populer. Selain menjadi penyedia jasa internet rumah dengan jangkauan terluas, bahkan sampai ke pelosok Negeri, Indihome juga menawarkan beragam pilihan paket internet dengan harga terjangkau.

Namun jika kalian ingin mendaftarkan diri sebagai pelanggan Indihome, syarat utama yang harus dipenuhi adalah tersedia tiang Indihome di lokasi terdekat dari rumah kalian. Dengan begitu, artinya pada wilayah tersebut telah tersedia jaringan Indihome untuk pelanggan baru.

Meskipun demikian, di beberapa titik tiang Indihome akan terdapat ODP (Optical Distribution Point) yang berguna untuk membagi kabel Fiber Optic ke setiap rumah pelanggan di area tersebut. Maka dari itu, sebelum memutuskan berlangganan Indihome kalian harus melakukan cek tiang Indihome terdekat. Belum tahu seperti apa cara melakukannya? Simak penjelasannya dibawah ini.
Cara Cek Tiang Indihome Terdekat

Seperti kami singgung diatas bahwa syarat utama untuk berlangganan Indihome adalah ketersediaan jaringan di lokasi calon pelanggan belum penuh. Hal ini bisa diketahui dengan ada atau tidaknya tiang Indihome di lokasi terdekat. Selain itu kalian juga perlu mengecek tiang Indihome terdekat sebelum melakukan registrasi.

Kemudian untuk cek tiang Indihome terdekat ada banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah melalui website khusus yang disediakan Indihome. Website itu sendiri bernama Fibermap yang memang berfungsi untuk menampilkan data ketersediaan jaringan Indihome di setiap wilayah yang sudah masuk Area Coverage Indihome. 

Untuk cek tiang Indihome terdekat melalui website Fibermap bisa dilakukan dengan tata cara sebagai berikut : 
  1. Buka browser di smartphone dan pastikan fitur GPS di perangkat tersebut sudah aktif
  2. Setelah itu kunjungi website fibermap.indihome.co.id
  3. Pada tampilan berikutnya silahkan ketuk tombol Cek Fiber di Lokasi Anda (tombol terletak di sisi kanan layar)
  4. Selanjutnya masukkan alamat lengkap, mulai daru Dusun/Desa, Kecematan, Kabupaten, Provinsi dan Kode Pos dari lokasi kalian.
  5. Tentukan juga jenis tempat tinggal / lokasi (Perumahan atau Bukan Perumahan)
  6. Jika sudah klik Submit
  7. Terakhir, pada layar akan muncul status ketersediaan jaringan Indihome serta jumlah tiang Indihome terdekat di lokasi kalian.
Catatan : Jika tersedia jaringan dan tiang Indihome, maka akan muncul notifikasi "Jaringan Internet Fiber (Indihome Fiber) tersedia di lokasi Anda". Sebaliknya, jika jaringan Indihome tidak tersedia maka akan muncul pemberitahuan "Maaf, Jaringan Indihome Fiber belum tersedia di Lokasi Anda"

Cara Mengetahui Ketersediaan Jaringan Indihome Lewat Call Center

Cara Mengetahui Ketersediaan Jaringan Indihome Lewat Call Center

Selain melalui cara diatas, untuk cek Tiang Indihome terdekat juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi Call Center Indihome di nomor 147. Cara ini cukup simpel dan akurat untuk mengetahui ketersediaan jaringan maupun tiang Indihome terdekat dari lokasi tempat tinggal.

Sebab disini kalian bisa langsung berbicara dengan petugas Customer Service yang siap membantu keperluan informasi tersebut. Disamping itu, sebelum melakukan panggilan untuk menanyakan ketersediaan tiang Indihome, terlebih dahulu kalian perlu menyiapkan data lengkap seputar alamat, mulai dari nama Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Kode Pos.

Jika semuanya sudah siap, sekarang kalian bisa lakukan tata cara sebagai berikut untuk cek tiang Indihome terdekat :
  1. Lakukan panggilan ke Call Center Indihome (147)
  2. Setelah itu pilih menu Berbicara dengan Petugas
  3. Jika sudah tersambung, sampaikan bahwa kalian ingin mengetahui sisa tiang Indihome terdekat serta ketersediaan jaringan di ODP Indihome area tersebut
  4. Kemudian petugas akan meminta informasi alamat dari lokasi tersebut
  5. Selanjutnya tunggu beberapa saat, petugas akan membantu proses pengecekkan
  6. Jika sudah, petugas bakal menjelaskan informasi yang kalian butuhkan soal ketersediaan tiang dan jaringan Indihome
Catatan : Untuk menghubungi Call Center Indihome kalian perlu biaya panggilan berupa pulsa setidaknya sejumlah Rp. 25.000.

Cara Memeriksa Tiang Indihome Terdekat via Offline

Cara Memeriksa Tiang Indihome Terdekat via Offline

Sebenarnya untuk cek tiang Indihome terdekat bisa dilakukan dengan cara melihat sendiri jumlah tiang Indihome yang tersedia di lokasi tempat tinggal kalian. Disini kalian juga bisa melihat tiang ODP Indihome yang berperan sebagai sumber jaringan Indihome di lokasi tersebut.

Biasanya Indihome akan memasangkan 3 sampai 4 tiang di setiap titik ODP, hanya saja untuk peraturan terbaru jangkauan rumah calon pelanggan dengan ODP minimal 150 meter. Jika lebih dari itu, maka kalian tetap tidak bisa pasang Indihome, meskipun slot di ODP masih tersedia. Dengan begitu, jika ingin melakukan registrasi kalian harus membuat pengajuan tiang baru.

Cara Mengajukan Tiang Indihome Baru

Cara Mengajukan Tiang Indihome Baru

Bagi kalian yang lokasinya tidak tersedia tiang Indihome, lokasi rumah dari titik ODP terlalu jauh maupun ketersediaan jaringan ODP sudah penuh bisa mengajukan pemasangan tiang baru serta penambahan tiang ODP Indihome. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain :
  • eKTP
  • Nomor HP
  • Email
  • Data calon pelanggan di lokasi tersebut minimal 5 orang
Selanjutnya kalian bisa menghubungi Call Center Indihome untuk pengajuan jaringan baru di lokasi tempat tinggal kalian. Apabila data persyaratan memenuhi kriteria, kurang lebih 2 sampai 3 hari akan ada petugas teknisi Indihome datang ke lokasi untuk survey.

Setelah itu, jika proses cek lokasi berjalan lancar, mungkin besoknya akan dilakukan pemasangan tiang baru di lokasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa mendaftarkan diri sebagai salah satu pelanggan Indihome. Ingat, untuk pemasangan Indihome saat ini kalian harus menyiapkan budget kurang lebih 500 sampai 700 ribu rupiah.

Seperti itulah penjelasan dari Inpaketin.com mengenai cara cek tiang Indihome terdekat melalui website Fibermap, Call Center serta pengecekkan langsung di lokasi terdekat. Diatas kami juga menjelaskan cara pengajuan tiang baru bagi kalian calon pelanggan yang lokasi nya belum tersedia tiang atau sudah tiang dan ODP, tapi slot pemasangan serta jarak rumah dengan ODP tidak memenuhi syarat.

Posting Komentar untuk "20 Cara Cek Tiang Indihome Terdekat & Pengajuan Tiang Baru"