30 Cara Setting Repeater Wifi Semua Merk Lewat HP & Komputer

Cara Setting Repeater Wifi – Sebagai pelanggan atau pengguna internet rumah, apakah kalian pernah mengalami koneksi lemot Ketika berada di salah satu sudut rumah atau ruangan? Jika demikian, hal tersebut mungkin disebabkan oleh posisi  Router atau Modem berada cukup jauh dari lokasi kalian.

Biasanya, jarak maksimal antara perangkat dan Modem kurang lebih 7 sampai 15 meter. Apabila kalian mengakses Wifi lebih dari jarak tersebut, maka sinyal yang diperoleh akan lemah sehingga koneksi nya juga lemot, apalagi saat dipakai untuk streaming atau download file berukuran besar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa memanfaatkan perangkat bernama Repeater Wifi. Perangkat ini bisa kalian beli secara Online melalui eCommerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Atau kalian juga bisa membelinya secara Offline di toko peralatan Elektronik.

Melalui perangkat ini kalian bisa tetap menikmati koneksi internet yang Ngebut meskipun sedang berada di lokasi yang cukup jauh dari posisi Modem Wifi. Namun dalam penggunaan Repeater Wifi, kalian harus menerapkan settingan terlebih dahulu. Berikut ini telah kami siapkan informasi seputar tata cara setting Repeater Wifi lewat HP dan Komputer.

Apa Itu Repeater ?

Secara umum Repeater Wifi merupakan perangkat tambahan yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi di rumah atau Kantor. Dengan adanya perangkat ini, kalian bisa menikmati koneksi internet lancar di setiap sudut ruangan meskipun lokasi jaduh dari Router atau Modem utama. Sebelum menggunakan Router Wifi, koneksi internet yang diperoleh di lokasi tersebut lemah alias lemot.

Namun agar bisa menikmati fasilitas ini kalian perlu menerapkan pengaturan atau settingan tertentu. Proses ini bisa dilakukan melalui HP maupun perangkat Komputer seperti PC atau Laptop. Disamping itu, pastikan juga semua Port LAN Pada Modem Wifi yang kalian gunakan sudah aktif. Untuk mengaktifkan Port LAN kalian bisa melakukannya melalui IP Address.

Kemudian untuk setting Repeater Wifi kalian juga perlu mengakses alamat IP dari masing-masing perangkat. Disamping itu, untuk setiap merk Repeater Wifi juga memiliki data Login yang berbeda-beda untuk mengakses halaman Konfigurasi. Biasanya informasi tersebut tertera pada sisi samping Repeater.

Cara Setting Repeater Wifi Semua Merk

Cara Setting Repeater Wifi Semua Merk

Cara Setting Repeater Xiaomi

Cara Setting Repeater Xiaomi

Bagi kalian yang ingin memanfaatkan perangkat tersebut untuk memperkuat sinyal Wifi di lokasi yang terlalu jauh dari Router, kami punya beberapa rekomendasi Repeater Wifi terbaik, antara lain :

  • Repeater Wifi Xiaomi
  • Repeater Wifi TP Link
  • Repeater Wifi Tenda N300
  • Repeater Wifi Huewei
  • Repeater Wifi Pix-Link
  • Repeater Wifi Totolink

Selain itu, seperti kami singgung diatas bahwa agar Repeater Wifi bisa berfungsi, kalian perlu setting terlebih dahulu. Untuk pertama, kami akan menjelaskan tata cara setting Router Wifi Xiaomi lewat HP. Jika ingin menggunakan perangkat Repeater Wifi Xiaomi kalian wajib punya aplikasi khusus bernama Mi Home. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis melalui Google Play Store. Setelah berhasil install aplikasi Mi Home, sekarang ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk setting Repeater Wifi Xiaomi :

  1. Colokkan Repeater Xiaomi ke stop kontak
  2. Buka aplikasi Mi Home
  3. Tap Connect pada pop-up yang muncul di layar
  4. Ketuk nama Wifi dari Repeater Xiaomi
  5. Masukkan password Wifi yang digunakan di rumah atau di Kantor kalian
  6. Jika sudah, klik Next
  7. Apabila lampu Indikator pada Repeater Xiaomi sudah menyala biru, maka kalian sudah berhasil setting Repeater tersebut untuk memperkuat sinyal Wifi. 
  8. Selesai

Cara Setting Repeater TP Link

Cara Setting Repeater TP Link

Selain setting Repeater Xiaomi, kami juga punya tutorial setting Repeater TP Link. Untuk cara ini kalian tidak membutuhkan aplikasi khusus, seperti yang diterapkan pada Repeater Xiaomi. Disamping itu, untuk setting Repeater Wifi TP Link kalian juga bisa melakukannya dari HP, PC maupun Laptop. Namun untukd tutorial dibawah ini, kami melakukan setting Repeater TP Link pakai perangkat komputer, yaitu sebagai berikut : 

  1. Nyalakan Wifi di komputer (PC / Laptop)
  2. Nyalakan Repeater TP Link
  3. Hubungkan komputer ke Wifi TP Link
  4. Jika sudah connect, silahkan buka Browser
  5. Lalu masukkan alamat IP Repeater TP Link di 192.168.0.2 pada Tab pencarian
  6. Setelah itu masukkan data Login. Jika belum tahu, kalian bisa melihat Username dan Password dibalik perangkat Repeater
  7. Pada halaman berikutnya silahkan masuk ke menu Operation Mode
  8. Kemudian pilih Range Extender, jika sudah klik Save.
  9. Setelah itu klik menu Quick Set Up dan pilih Next pada tampilan yang muncul di sebelah kanan
  10. Selanjutnya klik Next sekali lagi dan pastikan Choose Operation Mode sudah berada di Range Extender
  11. Tunggu beberapa saat, Repeater TP Link sedang melakukan Scanning atau mencari sinyal Wifi terdekat
  12. Setelah hasil pencarian muncul, jangan langsung klik Connect. Silahkan masuk terlebih dahulu ke menu Network
  13. Kemudian ganti LAN Type dari Smart IP (DHCP) menjadi Statik IP
  14. Setelah itu ubah angka digit terakhir dari IP Address Repeater TP Link
  15. Jika sudah klik Save -> OK
  16. Setelah itu, silahkan kembali ke menu Quick Setup lalu klik Next sampai muncul halaman Scanning jaringan Wifi
  17. Klik Connect pada hasil pencarian Wifi yang muncul. 
  18. Masukkan password Wifi yang digunakan lalu klik Next
  19. Pada halaman berikutnya silahkan ubah LAN Type ke Static IP dan klik Disable pada DHCP Server. Setelah itu klik Next -> Finish.
  20. Sampai disini kalian sudah berhasil setting Repeater TP Link

Cara Setting Pemancar Wifi Tenda

Cara Setting Pemancar Wifi Tenda

Kemudian kalian juga bisa menggunakan Repeater Tenda untuk menambah jangkauan sinyal atau Extend Wifi di rumah maupun di Kantor. Sedangkan untuk cara setting Repeater ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari proses setting Repeater TP Link. Hanya saja untuk Repeater Tenda ini kalian perlu mengakses situs Tendawifi.com. Supaya lebih jelas, langsung saja simak tata cara berikut ini : 

  1. Pasang Repeater Tenda
  2. Buka browser di PC atau Smartphone
  3. Kunjungi situs Tendawifi.com
  4. Pada halaman berikutnya silahkan pilih Dynamic IP untuk Connection Type
  5. Setelah itu buat nama Wifi dan password untuk Repeater Tenda lalu klik OK.
  6. Kemudian hubungkan ulang perangkat dengan Repeater tersebut
  7. Jika sudah, sekarang buka lagi Tendawifi.com lalu pilih menu Wireless Repeating
  8. Selanjutnya klik WISP pada pilihan menu di sebelah kanan
  9. Setelah itu pilih Wifi yang akan diperluas jaringannya
  10. Kemudian masukkan password dari Wifi tersebut
  11. Jika sudah pilih OK dan tunggu sistem melakukan Rebooting
  12. Selesai, Repeater Tenda sudah berhasil memperlua sinyal Wifi dari provider internet yang kalian gunakan

Demikianlah penjelasan dari Inpaketin.com mengenai cara setting Repeater Wifi dari Xiaomi, TP Link dan Tenda. Sedangkan untuk cara setting Repeater dari merk lain mungkin caranya tidak beda jauh seperti yang kami jelaskan diatas. Bahkan ada beberapa merk Repeater yang memberikan buku panduan terkait cara setting dan lain sebagainya.

Intinya, penggunaan Repeater mungkin sangat penting bagi kalian sering mengalami koneksi lemot karena posisi perangkat jauh dari Router atau Wifi. Biasanya hal ini dialami oleh pengguna Wifi di Kantor yang sinyal nya tidak menjangkau seluruh ruangan. 

Posting Komentar untuk "30 Cara Setting Repeater Wifi Semua Merk Lewat HP & Komputer"