4 Cara Reset Mikrotik Melalui Hardware dan Software Winbox

Cara Reset Mikrotik - Mikrotik merupakan sebuah software yang dapat membuat sebuah komputer menjadi router jaringan. Dengan menggunakan software tersebut, komputer dapat diatur sesuai dengan kebutuhannya.

Mulai dari hak akses komputer tersebut sampai dengan kecepatan internet yang bisa digunakan. Oleh karena itu, software ini sangat cocok digunakan untuk keperluan administrasi, baik dalam skala kecil ataupun besar.

Mikrotik sendiri dapat digunakan untuk membagi kecepatan atau bandwith internet setiap perangkat. Selain itu juga dapat diguanakan untuk membatasi hak akses situs apa saja yang dapat di akses oleh perangkat tertentu.

Nah, pada kesempatan ini, Inpaketin.com ingin memberikan informasi seputar cara reset mikrotik. Barang kali saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui bagaimana cara reset mikrotik, oleh karena itu kami ingin membantu dengan memberikan informasi tersebut.

Cara Setting Mikrotik

Sebelum kami lanjutkan ke cara reset mikrotik, pastikan kalian sudah mengetahui bagaimana Cara Setting Mikrotik. Dimana terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan yang diantaranya adalah mengatur topologi jaringan yang ingin digunakan.

Setelah itu kalian dapat mengatur mikrotik menggunakan bantuan Winbox, untuk lebih mempermudah dalam melakukan pengaturan. Meskipun ada cara setting mikrotik lainnya, namun cara paling mudah ialah menggunakan winbox.

Cara Reset Mikrotik

Selanjutnya bagaimana cara reset mikrotik? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk reset mikrotik, pertama bisa melalui hardware dengan cara hard restart atau menggunakan software yaitu winbox atau netinstall.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan dua cara reset mikrotik melalui hardware dan software. Kalian bisa memilih salah satu cara yang menurut kalian dirasa paling mudah untuk dilakukan.

Cara Reset Mikrotik Melalui Hardware

Cara reset pertama ialah reset melalui hardware. Dimana metode reset melalui hardware juga terdapat dua cara, yaitu cukup dengan cara menekan tombol reset yang tersedia pada routerboard atau dengan cara jumper.

1. Reset Melalui Tombol

Cara Reset Mikrotik Melalui Tombol Reset

Cara pertama ialah mererset melalui tombol reset yang tersedia pada routerboard. Cara ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan. Namun cara ini hanya dapat dilakukan untuk tipe routerboard dengan casing.

  • Pastikan kondisi RouterBoard sudah dalam kondisi mati.
  • Tekan dan tahan tombol reset kurang lebih selama 10 detik pada bagian belakang sembari menyalakan RouterBoard.
  • Silahkan kalian lepaskan tombol reset apabila lampu "USR" sudah berhenti berkedip.

2. Reset Dengan Cara Jumper

Cara Reset Mikrotik Melalui Jumper

Cara reset kedua ialah dengan cara jumper. Cara ini dapat dilakukan untuk tipe router board unit atau tipe routerboard tanpa casing. Dan cara untuk meresetnya membutuhkan alat bantu obeng ataupun benda logam.

  • Hubungkan/jumper menggunakan obeng atau benda logam untuk mereset.
  • Silahkan tahan kurang lebih selama 10 detik.
  • Kemudian nyalakan kembali router board.

Cara Reset Mikrotik Melalui Software

Cara reset mikrotik berikutnya ialah menggunakan software. Adapun software yang dapat digunakan untuk reset mikrotik diantaranya adalah Winbox, Netinstall, CLI (SSH, Telnet, dll).Dimana hasil dari cara ini tidak berbeda jauh dengan cara reset melalui hardware diatas.

1. Reset Melalui Winbox

 

Cara Reset Mikrotik Dengan Winbox

Cara reset pertama ialah melalui software winbox. Apabila proses instalasi mikrotik yang diguankan sudah menggunakan winbox, maka kalian dapat reset mikrotik dengan lebih mudah melalui software tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih menu System pada bagian side menu sebelah kiri.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih Reset Configuration.
  • Setelah menu Reset Configuration terbuka, silahkan kalian Centang kotak No Default Configuration.
  • Terakhir tinggal memilih menu Reset Configuration.

2. Reset Melalui CLI

Cara Reset Mikrotik Menggunakan CLI

Cara reset menggunakan software berikutnya ialah menggunakan software CLI (Command Line Interface). Cara ini tidak berbeda jauh dengan command prompt, kalian cukup mengetikan command untuk reset mikrotik sebagai berikut.

  • system reset-configuration no-default=yes
  • Kemudian akan muncul notifikasi "Dangerous! Reset anyway?"
  • Silahkan ketikan "Y".
  • Setelah itu mikrotik akan melalui reset secara otomatis menjadi settingan default.

Kesimpulan

Sekiranya cukup sekian saja informasi tentang cara reset mikrotik dari kami, sangat mudah bukan cara yang digunakan untuk mereset mikrotik. Dengan adanya informasi cara reset diatas, semoga saja kalian dapat terbantu.

Posting Komentar untuk "4 Cara Reset Mikrotik Melalui Hardware dan Software Winbox"