4 Perbedaan Speedy dan IndiHome Belum Banyak Yang Tahu!

Perbedaan Speedy dan IndiHome - PT Telekomunikasi Indonesia merupakan sebuah perusahaan raksasa yang memiliki beberapa jenis layanan utama dalam menyelenggarakan jaringan internet bagi pelanggannya. Tidak hanya di kota-kota besar saja, namun produk dari PT Telekomunikasi Indonesia juga sudah bisa didapatkan di pedesaan maupun kampung.

Speedy dan IndiHome mungkin menjadi produk jaringan internet rumah atau WiFi dari PT Telekomunikasi Indonesia yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dimana kedua layanan internet broadband tersebut menawarkan akses daring berkecepatan tinggi sehingga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Namun, pernahkah kalian ketahui bahwa ternyata kedua produk internet rumah keluaran PT Telekomunikasi Indonesia tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Adapun salah satu perbedaan utama mengenai dua produk internet rumah dari PT Telekomunikasi Indonesia yaitu penggunaan media dan teknologi jaringannya sudah berbeda.

Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa hal lainnya yang bisa dijadikan sebagai pembeda antara Speedy dan IndiHome. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja perbedaan Speedy dan IndiHome mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan hingga tingkat kecepatan internetnya.

Perbedaan Speedy dan IndiHome

Pengertian Speedy

Ketika hendak mengetahui perbedaan antara Speedy dan IndiHome, tentunya kalian juga harus mengerti pengertian masing-masing produknya. Speedy ialah sebuah layanan akses internet berbasis teknologi ADSL dengan menggunakan media kabel tembahan guna menyalurkan suara serta data internet secara simultan atau bersamaan.

Dimana ADSL sendiri merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subcriber Line yang bisa diartikan sebagai sebuah oerangkat aktif pelanggan yang digunakan guna mendukung implementasi layanan multimedia pada broadband menggunakan satu pair kabel tembaga. Beberapa contoh perangkat ADSL sebagai implementasi Speedy diantaranya yaitu seperti berikut.

  • Modem Speedy ZTE ZXHN H108N.
  • Modem Speedy Huawei HG532e.
  • Modem Speedy TP-Link TD-8817.

Kelebihan Speedy

Perbedaan antara Speedy dan IndiHome juga sebenarnya tidak hanya dilihat dari segi pengertiannya saja, namun juga dapat dilihat melalui sejumlah kelebihan serta kekurangannya. Nah, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan Speedy sebagai produk penyedia jaringan internet.

  1. Layanan suara, fax dan data internet kecepatan tinggi bisa diakses secaa bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan).
  2. Layanan internet broadband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama 24 jam penuh.
  3. Saluran ataupun jalur yang digunakan oleh pelanggan Speedy dibuat sendiri-sendiri sehingga tingkat keamanannya akan tetap terjamin.
  4. Tingkat kecepatan internet Speedy tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan serta pertambahan jumlah akses dan pastinya koneksinya jauh lebih stabil.
  5. Pelanggan Speedy berhak memilih paket berdasarkan kuota traffic internet yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Speedy

Meskipun Speedy memiliki sejumlah keunggulan, namun bukan berarti bahwa produk internet rumah dari PT Telekomunikasi Indonesia tersebut tidak memiliki kelemahan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini kami berikan beberapa kekurangan Speedy.

Kualitas kecepatan akan menurun jika kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah pelanggan.

  1. Speedy lebih cepat menerima data ketimbang mengirim data melalui internet.
  2. Layanan Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada jaringan telepon dari Telkom.
  3. Layanan Speedy biasanya kerap terputus apabila dalam keadaan buruk seperti hujan dan petir.
  4. Layanan Speedy masih menggunakan tembaga sehingga dibutuhkan adanya perawatan berkala.

Pengertian IndiHome

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sekilas pengertian Speedy. Nah, untuk mengetahui apa saja perbedaan Speedy dan IndiHome, kalian juga pastinya harus memahami sekilas pengertian produk dari Telkom selanjutnya tersebut. Dimana IndiHome merupakan layanan internet terbaru dari PT Telekominikasi Indonesia.

IndiHome menyediakan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet, Usee TV Cable dan Telepon Rumah dengan menggunakan 2 jenis media penghantar data, mulai dari kabel tembaga serta serat optik. Bagi pelanggan IndiHome yang masih menggunakan kabel tembaga sebagai transfer data, maka pelangan nantinya akan mendapatkan teknologi ADSL+2 dan STB.

Sementara IndiHome yang sudah menggunakan serat optik, maka meraka hanya akan mendapatkan STB dan perangkat ONT (Optical Terminal Network) sebagai pendukung layanan jaringan GPON (Gigabit Passive Optical Network). Melalui jaringan berbasis teknologi Fiber Optic (FO), maka kecepatan jaringan indiHome bisa mencapai hingga 100 Mbps.

Sebagai bahan pertimbangan ketika ingin mencari perbedaan Speedy dan IndiHome, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan IndiHome sebagai produk internet rumah atau WiFi.

Kelebihan IndiHome

  1. IndiHome memiliki Internet super cepat dan stabil hingga 100 Mbps.
  2. TV dengan kualitas HD sehingga menghasilkan gambar tajam dan suara lebih jernih.
  3. Kualitas pengiriman serta penerimaan suara jernih dan jelas.
  4. Modem IndiHome bisa menyala aktif selama 24 jam penuh.

Kekurangan IndiHome

  1. Komponen yang digunakan guna mendukung implementasi jaringan IndiHome tergolong mahal sehingga tidak heran jika saat ini masih banyak daerah yang tidak terjangkau areanya.
  2. Pengguna IndiHome hanya untuk di sekitar rumah saja, alias tidak bisa dibawa pergi untuk bepergian.
  3. Ketika terjadi hujan dan petir, kalian perlu mematikan modem supaya tidak rusak karena tersambar.

Perbedaan Speedy dan IndiHome

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama Speedy dan IndiHome dapat dilihat dari segi media serta teknologi jaringan yang digunakan. Dimana Speedy menggunakan teknologi jaringan ADSL dengan meida penghantar data sebuah kabel tembaga yang memingkinkan penggunanya mendapatkan kecepatan bandwith internet maksimal 5 Mbps.

Sementara IndiHome menggunakan teknologi jaringan GPON dengan media penghantar data sebuah fiber optik yang memungkinkan pelanggannya mendapatkan kecepatan bandwith internet maksimal mencapai 100 Mbps. Selain itu, IndiHome juga memberikan beberapa fitur tambahan kepada para pelanggannya seperti telepon rumah, TV kabel kualitas HD hingga fitur add on IndiHome.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan dari Inpaketin.com seputar perbedaan Speedy dan IndiHome mulai dari pengertian hingga kelebihan serta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak memutuskan apakah ingin menggunakan Speedy ataupun IndiHome.

Posting Komentar untuk "4 Perbedaan Speedy dan IndiHome Belum Banyak Yang Tahu!"