5 Perbedaan Access Point dan Repeater, Penjelasan Paling Lengkap!

Perbedaan Access Point dan Repeater - Dalam sebuah jaringan internet rumahan atau yang biasa digunakan seperti Wifi, mempunyai banyak sekali alat atau perlengkapan pendukung. Perlangkapan tesebut nantinya saling menjalankan fungsinya agar tercipta koneksi internet yang stabil.

Ada banyak perangkat yang biasanya digunakan untuk menunjang Wifi bekerja dengan normal. Seperti Router, Switch, Access Point, Repeater dan masih banyak lagi lainnya. Dimana setiap perangkat tersebut memiliki fungsi kerja yang berbeda-beda.

Dari beberapa nama alat yang digunakan pada jaringan Wifi juga mempunyai fungsi yang hampir sama, seperti Access Point (AP) dan Repeater (Range Extender). Namun begitu, Access Point dan Repeater juga memiliki perbedaan, kelebihan dan kekurangan.

Nah pada ulasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara Access Point dan Repeater. Seperti bentuk perangkat, cara pemasangan, harga beserta kelebihan dan kekurangannya. Untuk pembahasan lebih rinci tentang perbedaan Access Point dan Repeater, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Access Point dan Repeater

Perbedaan Access Point dan Repeater

Perbedaan Access Point dan Repeater dapat dilihat dari bentuk, jangkauan, pengaturan configurasi dan mengenai pemasangannya. Yang membedakan antara Acess Point dan Repeater adalah sebagai berikut :
 

1. Perbedaan Bentuk Perangkat

Perbedaan antara Access Point dan Range Extender yang pertama yaitu mengenai bentuk dari perangkat. Dimana bentuk Access Point lebih besar dari Repeater. Selain itu, Access Point biasanya dibekali dengan adaptor power, sedangkan untuk Repeater biasanya langsung di colok ke stop kontak tanpa adanya adapter power.

Selain perbedaan ukuran, perbedaan bentuk selanjutnya juga dapat dilihat dari lampu indicator. Biasanya Access Point dibekali dengan beberapa indicator seperti lampu indikator power, kekuatan sinyal dan indicator disconnect. Sedangkan pada Repeater bisanya hanya dibekali dengan lampu indikator power dan kekuatan sinyal saja.

2. Perbedaan Cara Pemasangan

Perbedaan kedua yakni mengenai cara pemasangan dari kedua alat tersebut. Dimana cara penggunaan Access Point wajib menggunakan kabel LAN atau UTP. Sedangkan Repeater hanya menggunakan Wifi atau Wireless Router. Namun begitu, sekarang juga sudah banyak produk Repeater yang sudah bisa dipasang menggunakan kabel UTP.

Sehingga jika kalian menggunakan Access point wajib mempersiapkan kabel lan dan stop kontak. Sedangkan jika akan menggunakan Repeater, maka hanya perlu menyiapkan stop kontak saja.

3. Perbedaan Harga

Perbedaan ketiga antara AP dan Repeater yaitu tentang harga. Dimana harga dari Access Point lebih mahal dari Repeater. Pasalnya Access Point mempunyai kelebihan dibandingkan dengan Repeater. Harga Access Point berkisar sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 3.000.000. Sedangan harga Repeater berkisar sekitar Rp. 80.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.

4. Perbedaan Konfigurasi

Perbedaan selanjutnya yaitu tentang pengaturan konfigurasinya. Dimana untuk  Access Poin, IP nya bisa menggunakan satu segmen dan bisa juga menggunakan segmen lain dari yang sudah diatur. Serta bisa menggunakan SSID dan password baru yang berbeda dengan Wifi utama.

Sedangkan pada Repeater, mengenai IP, SSID, password akan muncul sama dengan Wifi utama. Serta Repeater juga mewajibkan menggunakan satu segmen IP dengan yang sudah diatur pada Wifi tersambung.

Sehingga jika kalian menggunakan mode Access Point, kalian bisa menggunakan IP, SSID dan password lain secara langsung pada pengaturan koinfigurasi tersebut. Sedangkan jika kalian menggunakan Repeater, kalian hanya bisa gunakan satu IP yang sama dengan Wifi tersambung. Serta pada Repeater, untuk mengubah SSID dan password harus menggunakan pengaturan konfigurasi sesuai merek Repeater tersebut.

5. Perbedaan Jangkauan Sinyal

Perbedaan terakhir antara Access Point dan Range Extender yaitu mengenai jangkauan dan kualitas sinyal. Dimana jika kalian menggunakan Access Point maka akan mendapatkan jangkauan dan kualitas koneksi internet yang lebih luas dan stabil. Sedangkan kalian menggunakan Repeater, maka jangkauan dan kualitas koneksi internet akan sedikit lebih sempit dan agak lemot. Namun begitu, Repeater masih tetap bisa dipakai untuk mengakses internet seperti nonton Youtube atau live streaming lainnya dengan lancar.

Itulah informasi yang dapat kami rangkum mengenai perbedaan Access Point dan Range Extender. Bagaimana, apakah masih ada yang masih bingung mengenai perbedaan kedua perangkat tersebut? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa perbedaan Access Point dan Repeater dapat dilihat dari bentuk, cara pemasangan, harga, pengaturan konfigurasi dan jangkauan sinyal. Dimana perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa Access Point memiliki keunggulan di bandingkan dengan Range Extender. Seperti jangkauan sinyal, setingan konfigurasi dari Access Point lebih baik dibandingkan dengan Repeater.

Demikian artikel kali ini yang berhasil kami rangkum tentang perbedaan Access Point dan Range Extender. Terima kasih telah mengunjungi Inpaketin.com, semoga ulasan di atas dapat menambah informasi dan wawasan buat kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "5 Perbedaan Access Point dan Repeater, Penjelasan Paling Lengkap!"