13 Cara Menggunakan Aplikasi Torch Mikrotik Untuk Monitoring Jaringan

Cara Menggunakan Aplikasi Torch Mikrotik - Penting diketahui bahwa ada banyak sekali fungsi mikrotik yang kadang tidak pernah kita gunakan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui aktivitas user, mengetahui situs apa saja yang sedang mereka akses atau buka dengan torch.

Perlu diketahui bahwa Torch adalah salah satu tool bawaan Mikrotik untuk bisa memonitoring trafik jaringan secara real time melalui sebuah interface tertentu. Hal ini tentu berbeda halnya dengan MRTG yang hanya mampu menampilkan dan memonitoring pemakaian data bandwidth.

Dengan menggunakan aplikasi Torch Mikrotik, kalian juga bisa memonitor jaringan berdasarkan protocol, source address, destination address dan juga port game online. Disamping itu, banyak juga pengguna yang menggunakannya unutk melihat aktivitas klien serta mengetahui IP Address dan komputer.

Apabila kalian ingin menggunakan mikrotik Torch, disini kami akan memberikan informasi terkati cara menggunakan aplikasi Torch Mikrotik untuk memonitoring jaringan dan keperluan lainnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap yang telah kami siapkan berikut ini.


Fungsi Aplikasi Torch Mikrotik

Perlu diketahui juga bahwa ada banyak sekali aplikasi torh pada mikrotik yang bisa kalian gunakan. Aplikasi tersebut bisa kalian unduh secara gratis melalui App Store dan Play Store. Nah disini perlu diketahui lebih dulu bahwa ada beberapa fungsi aplikasi Torch Mikrotik yang bisa kalian ketahui berikut ini.

  • Untuk mengetahui pemakaian bandwidth secara realtime
  • Monitoring jaringan
  • Mengetahui IP Address
  • Mengetahui destination Address
  • Mengetahui port game online
Selain beberapa fungsi yang kami sebut diatas, sebenarnya masih banyak lagi fungsi daripada Torch Mikrotik satu ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Torch Mikrotik

Setelah mengetahui beberapa poin mengenai fungsi daripada Torch Mikrotik. Selanjutnya kita menuju ke pembahasan utama yakni mengenai cara menggunakan aplikasi Torch Mikrotik untuk mengetahui jaringan, IP Address, game online atau website apa yang sedang diakses oleh penggunanya. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini.

1. Cara Menggunakan Tool Torch Mikrotik untuk Mengetahui Port Game Online

  • Langkah pertama masuk ke Winbox dan kemudian masuk ke Tools dan Pilih Torch.

  • Sebagai contoh, kami akan melakukan Torch port Game Online Lostsaga di PC dengan IP 192.168.20.250 yang terhubung melalui ether2 MikroTik milik kami, maka kami akan terapkan sebagai berikut.

  • Nah disini diketahui bahwa Lostsaga menggunakan Port 14009 TCP/UDP.

2. Cara Menggunakan Torch Mikrotik untuk Cek IP Address

  • Langkah pertama buka menu Torch dan pilih Interface yang berhadapan langsung dengan pengguna, sebagai contoh ether5.
  • Src Address kalian isi dengan IP Pengguna, misal 192.168.1.24.
  • Dst Addres isi dengan 0.0.0.0/0 yang artinya semua tujuan dan kemudian tekan Start.

  • Pada Dst Address, itu merupakan IP Address yang diakses oleh pengguna. Bisa dilihat pada gambar diatas, ada traffic 2,5 Mbps sedang mengakses IP 74.125.68.119. Untuk mengetahuinya, kalian bisa masuk ke website Who.is dan masukkan IP tersebut. 
  • Disana bisa terlihat bahwa pemilik IP tersebut adalah Google (Youtube).

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, sesuai dengan fungsinya, Torch Mikrotik tentu bisa digunakan untuk mengetahui IP Address, Destination Address, port game online dan lainnya. Mengenai pembahasan Mikrotik, kalian juga bisa mengetahui cara setting Mikrotik PPPoE Client yang sudah kami share di postingan sebelumnya.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara menggunakan aplikasi Torch Mikrotik. Baiklah, hanya ini saja yang bisa inpaketin.com sampaikan, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "13 Cara Menggunakan Aplikasi Torch Mikrotik Untuk Monitoring Jaringan"