4 Cara Menggunakan SelfishNet Paling Lengkap dan Mudah Dipahami

Cara Menggunakan SelfishNet - Sebagian besar pengguna internet rumah atau WiFi pasti pernah mengalami koneksi jaringan internetnya menjadi lambat atau lemot. Biasanya hal ini akan sangat terasa oleh beberapa pengguna apabila jumlah perangkat yang terhubung ke dalam koneksi internet WiFi terlalu banyak.

Memang benar bahwa saat ini sebenarnya hampir semua router internet rumah atau WIFi sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa memungkinkan penggunanya membatasi jumlah pemakainya. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui bagaimana tata cara untuk membatasi bandwidth penggunaan internet tersebit.

Nah, salah satu alternatif lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk membatasi penggunaan bandwidth internet atau WiFi di rumah yaitu menggunakan software bernama SelfishNet. Dimana, fungsi utama software SelfishNet sendiri yaitu untuk membatasi bandwidth WiFi dan internet berbasis kabel LAN di beberapa perangkat.

Namun sayangnya, masih ada orang di luar sana yang kebingungan bagaimana tata cara menggunakan software tersebut. Maak dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara menggunakan SelfishNet di Windows XP, 7, 8 maupun 10.

Apa Itu SelfishNet?

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menggunakan SelfishNet berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana SelfishNet sendiri merupakan sebuah software pembagi bandwidth seperti halnya P2Pover, NetLimiter serta SoftPerfect Bandwidth Manager.

Secara garis besar, umumnya penggunaan software pembatas bandwidth seperti SelfishNet ini kerap digunakan oleh beberapa orang yang merasa internetnya lambat atau lemot karena penggunanya terlalu banyak. Jadi, ketika pengaturan bandwidth masing-masing perangkat dibatasi, maka kemungkinan besar kecepatan internetnya menjadi stabi kembali.

Kelebihan dan Kekurangan SelfishNet

Setiap software yang terdapat di dalam perangkat seperti laptop ataupun komputer pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk SelfishNet. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan SelfishNet, ada baiknya pahami terlebih dahulu sejumlah kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

1. Kelebihan

  • Gratis.
  • Ukurannya kecil dan ringan.
  • Hanya perlu diinstall pada satu komputer saja.
  • Bisa digunakan untuk membatasi bandwidth WiFi dan internet berbasis kabel LAN seperti warnet game online.
  • Portable, dalam artian untuk menjalankan aplikasi SelfishNet tidak perlu di intall di komputer, cukup copt paste kemudian jalankan.

2. Kekurangan

  • Proses pembatasan bandwidth harus dilakukan secara manual oleh penggunanya.
  • Di dalamnya tidak bisa menampilkan jenis perangkat yang terhubung ke jaringan.
  • Selama melakukan pembatasan bandwidth, maka aplikai SelfishNet tidak boleh di tutup alias harus selalu berjalan.

Cara Menggunakan SelfishNet

Cara Menggunakan SelfishNet Paling Lengkap dan Mudah Dipahami

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa pengertian SelfishNet hingga sejumlah kelebihan serta kekurangannya. Pada itinya, Software atau aplikasi SelfishNet ini digunakan oleh beberapa orang ketika ingin membatasi bandwidth perangkat yang terhubung ke jaringan internet atau WiFi di rumah.

Hal ini tentunya perlu dilakukan oleh pemiliknya, sebab jika perangkat yang terhubung ke WiFi terlalu banyak, maka kemungkinan besar jaringan internetnya menjadi lambat atau lemot. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menggunakan SelfishNet berikut ini.

1. Download SelfishNet

1. Download SelfishNet

Cara pertama, silahkan download aplikasi atau software SelfishNet dan WinPcap melalui browser di perangkat komputer atau laptop kalian. Setelah kedua software tersebut berhasil di download, silahkan install WinPcap.

2. Jalankan SelfishNet

2. Jalankan SelfishNet

Kemudian apabila WinPcap sudah berhasil di install di perangkat, silahkan buka aplikasi SelfishNet melalui opsi Run as administrator. Jadi, sebenarnya kalian tidak perlu menginstall SelfishNet, namun hanya perlu menjalankannya saja asalkan sudah menginstall WinPcap.

3. Pilih Jenis Adapter

3. Pilih Jenis Adapter

Saat pertama kali membuka SelfishNet, maka secara otomatis kalian akan mendapatkan permberitahuan untuk memilih jenis adapter koneksinya, entah itu adapter LAN Card atau WLAN. Biasanya jika hanya menggunakan satu adapter, maka kalian tidak perlu merubahnya kembali. Cara selanjutnya, klik Ok.

4. Ketuk Scan

4. Ketuk Scan

Setelah berhasil masuk ke halaman utam SelfishNet, silahkan ketuk tombol Scan di bagian pojok kiri atas. Cara ini perlu dilakukan supaya semua perangkat yang terhubug ke dalam jaringan lokal internet terlihat dan terdeteksi, entah itu menggunakan kabel LAN mapun wirelles.

5. Atur Pembatasan Bandwidth Lewat SelfishNet

5. Atur Pembatasan Bandwidth Lewat SelfishNet

Cara menggunakan SelfishNet berikutnya yaitu tinggal mengatur pembatasan bandwidth download dan upload sesuai keinginan. Misalkan kali ini penulis memberikan contoh batasan bandwidth download 100 KB/s serta upload 50 KB/s.

6. Tekan Start

6. Tekan Start

Langkah terakhir supaya SelfishNet dapat berkerja dalam pembatasan bandwidth internet, silahkan tekan tombol Start (gambar petir) di bagian atas. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara menggunakan SelfishNet sebagai pembatas bandwidth kecepatan internet berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi utama SelfishNet yaitu sebagai pembatas bandwidth internet WiFi di rumah. Dimana pembatasan bandwidth masing-masing perangkat melalui SelfishNet ini bertujuan supaya kecepatan jaringan koneksi internetnya tidak lemot atau lambat.

Demikian sekiranya penjelasan dari Inpaketin.com seputar cara menggunakan SelfishNet dilengkapi dengan fungsi hingga kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memanfaatkan SelfishNet sebagai pembatas bandwidth internet.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menggunakan SelfishNet Paling Lengkap dan Mudah Dipahami"