9 Cara Mengetahui IP Router Indihome Lewat Android & PC

Cara Mengetahui IP Router Indihome - Apakah kalian pernah mendengar istilah IP Router? Apakah hal tersebut cukup penting, dan bagaimana cara mengetahui IP Router Wifi tersebut? Nah informasi mengenai hal ini akan menjadi topik pembahasan utama inpaketin.com di pertemuan kali ini. Namun kami akan lebih membahas mengenai cara mengetahui IP Router Indihome.

Indihome menjadi salah satu penyedia layanan internet rumah yang sudah tidak asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Selain dikenal memiliki harga paket internet rumah yang cukup beragam, koneksi jaringan Indihome juga dikenal sangat luas bahkan sampai ke pelosok pedesaan sekalipun.

IP Router Indihome ini sangat penting karena memiliki keterkaitan dengan koneksi internet dan perangkatnya. Disamping itu, IP Wifi juga memiliki beragam fungsi yang penting. Salah satunya adalah ketika kalian hendak melakukan ganti password Indihome. IP Router juga bisa langsung kalian lihat di bawah casing router Indhome.

Selain itu, ada juga beberapa cara mengetahui IP Router Indihome, seperti melalui smartphone Android, perangkat komputer, Laptop atau PC dan juga bisa juga melalui menu CMD di perangkat tersebut. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung kita simak informasi terlengkap mengenai cara mengetahui IP Router Indihome yang telah kami siapkan berikut ini.


Apa Itu IP Indihome?

IP merupakan singkatan dari Internet Protocol yang mana merupakan lapisan dalam jaringan internet yang berfungsi sebagai protokol dan komunikasi bagi perangkan komputer yang menggunakan internet. Perlu diketahui bahwa ada 2 fungsi utama, yaitu sebagai host untuk mengidentifikasi jaringan dan kedua sebagai alat komunikasi antar perangkat satu dan lainnya.

Alamat IP juga tersusun atas label numerik berupa angka yang disesuaikan pada setiap perangkat guna berkomunikasi di jaringan internet. Sehingga, nantinya alamat IP antar perangkat komputer atau smartphone Android yang terhubung ke internet tidak sama alias berbeda-beda. Penting diketahui juga bahwa Indihome sendiri memiliki IP sendiri untuk masuk ke jaringan router miliknya. 

Singkatnya, IP router Indihome ini digunakan untuk membuka akses router atau modem Indihome, kemudian di dalamnya juga memerlukan username dan password sebagai akses login atau autentifikasi ke perangkat tersebut. Jika kalian pelanggan Indihome, secara otomatis akan mendapatkan perangkat modem dan router. Nah untuk login ke router tersebut, ada 2 username dan password default yang digunakan oleh Indihome, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • User = user & pass = user
  • User = admin & pass = admin
  • User = telecomadmin & pass = admintelecom (default login superuser Indihome)
  • User = support & pass = theworldinyouhand (default login superuser Indihome)

Apabila kalian mencoba masuk dengan menggunakan username dan password diatas dan tetap tidak bisa, maka password router biasanya telah berubah dan diganti oleh penggunanya.

Cara Mengetahui IP Router Indihome

Setelah mengetahui beberapa informasi diatas mengenai apa yang dimaksud dengan IP Indihome, dan juga fungsinya. Berikutnya kita akan masuk ke pembahasan inti, yaitu mengenai cara mengetahui IP Router Indihome. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan disini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cek IP Router Indihome Lewat Android

Cara pertama yang bisa kalian pilih adalah dengan melihat IP Router Indihome melalui smartphone Android yang sudah terkoneksi dengan jaringan Wifi Indihome. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama kalian bisa masuk ke menu Pengaturan dan kemudian pilih menu Wifi.

  • Nantinya akan terlihat jaringan Wifi yang terhubung. Disini kalian bisa tap jaringan tersebut.

  • Lalu akan muncul informasi detail terkait jaringan Wifi tersebut juga terdapat alamat IP router Indihome.

2. Cek IP Router Indihome Lewat PC

Selain melalui HP Android yang tersambung ke perangkat Wifi Indihome, kalian juga bisa mengetahui IP Router Indihome melalui perangkan komputer atau PC. Di bawah ini bisa kalian simak beberapa langkah-langkahnya berikut.

  • Buka menu atau simbol Wifi di bagian pojok kanan bawah.

  • Kemudian pilih menu Properti di bagian Wifi tersambung.

  • Alamat IP bisa terlihat dengan melakukan scroll ke bagian bawah.

3. Cek IP Router Indihome Lewat Menu CMD

Dan untuk cara mengetahui IP Router Indihome yang terakhir adalah melalui menu CMD di perangkat komputer atau PC kalian. Nah adapun untuk langkah-langkahnya, kalian bisa simak baik-baik di bawah ini.

  • Kalian bisa tekan tombol Windows + R di Keyboard Laptop atau PC.
  • Tunggu sebentar sampai menu Run terbuka. Disini kalian bisa ketik CMD pada kolom lalu tap OK.

  • Setelah muncul program dengan background Hitam, kalian bisa ketik ipconfig pada command prompt dan tekan enter, nantinya akan muncul informasi lengkap termasuk alamat IP router Indihome kalian.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara mengetahui IP Router Indihome. Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan disini, baik melalui smartphone ataupun perangkat komputer/PC/Laptop. Cara diatas juga kami sampaikan berikut gambar di setiap langkah-langkahnya untuk memudahkan kalian semua.

Itulah beberapa informasi yang bisa kalian simak diatas mengenai cara mengetahui IP Router Indihome. Baiklah mungkin hanya ini saja yang bisa inpaketin.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian semua.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengetahui IP Router Indihome Lewat Android & PC"