9 Cara Blok Youtube di Mikrotik Dengan Winbox Layer 7

Cara Blok Youtube di Mikrotik - Mikrotik merupakan sebuah software yang digunakan untuk manajemen komputer dengan skala kecil ataupun besar. Software ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Salah satunya ialah dapat blok situs seperti Youtube, Facebook dan beberapa situs lainnya. Selain itu, mikrotik juga dapat digunakan untuk membagi kecepatan internet sesuai dengan kebutuhan atau berdasarkan level penggunanya.

Untuk kalian yang sekiranya ingin memanfaatkan mikrotik untuk keperluan tertentu seperti blok situs Youtube, namun kalian belum mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut. Maka kalian sedang berada pada tempat yang tepat.

Karena pada kesempatan ini, Inpaketin.com akan membahas tentang cara blok Youtube di mikrotik dengan winbox layer 7. Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui bagaimana cara blok Youtube di mikrotik secara lengkap, maka kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Cara Blok Youtube di Mikrotik


Apa Itu Layer 7

Cara blok Youtube di mikrotik yang akan kami berikan menggunakan bantuan aplikasi Winbox dengan fitur Layer 7. Layer 7 sendiri adalah sebuah metode pencarian pola dengan menggunakan paket data menggunakan jalur ICMP, TCP dan UDP.

Pada dasarnya, layer 7 merupakan salah satu proteksi keamanan yang ditawarkan mikrotik dan proteksi keamanan layer 7 merupakan salah satu yang terbaik jika dibandingkan dengan beberapa firewall lainnya yang terdapat pada mikrotik.

Cara Blok Youtube di Mikrotik

 Jika melihat penjelasan diatas, maka kalian sudah sedikit mengetahui bagimana cara blok Youtube di mikrotik. Dimana kami akan memberikan cara blok Youtube menggunakan layer 7 yang merupakan salah satu firewall pada mikrotik.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung melihat cara blok Youtube di mikrotik dengan winbox layer 7 dibawah ini.

Persiapan Blok Youtube di Mikrotik

Sebelum kami lanjutkan ke cara blok situs di mikrotik, pastikan sudah melakukan Setting Mikrotik dengan baik dan benar. Kemudian juga kalian sudah mempersiapkan winbox yang nantinya akan digunakan sebagai alat bantu blok situ tersebut.

Cara Blok Youtube di Mikrotik Layer 7

Setelah kalian melakukan persiapan untuk blok Youtube di mikrotik, maka kalian bisa langsung mengikuti cara-cara blok Youtube di mikrotik dengan winbox layer 7 yang akan kami berikan secara lengkap dibawah ini.

1. Periksa Koneksi Internet


 

Cara pertama yang perlu dilakukan ialah memeriksa jaringan internet. Pastikan mikrotik yang digunakan sudah terhubung ke internet. Kalian bisa periksa hal tersebut dengan cara mengakses situs Youtube melalui browser.

2. Periksa IP Pada Komputer


 

Langkah selanjutnya ialah memeriksa IP pada komputer yang digunakan. Kalian bisa cek dengan cara memilih Icon Internet pada bagian taskbar sebelah kanan, setelah itu silahkan klik Network. Setelah itu IP yang digunakan akan terlihat.

3. Tambah Layer 7 Protocols


 

Karena kita akan menggunakan fitur firewall layer 7, maka silahkan tambah layer 7 protocols terlebih dahulu melalui winbox. Caranya tinggal buka Winbox, kemudian pilih IP pada menu sebelah kanan, selanjutnya tinggal pilih Firewall.

Setelah itu akan muncul pop up firewall, silahkan kalian pilih pada bagian tab Layer 7 Protocols, kemudian piliha menu "+" pada bagian sebelah kiri.

4. Tambahkan Situs Youtube


 

Setelah kalian menekan menu "+" pada cara sebelumnya, maka akan muncul pop up New Firewall L7 Protocols, setelah itu silahkan kalian isikan pada bagian nama "Youtube", pada bagian kolom bawahnya adalah alamat situs ^.+(Youtube.com).*$. Apabila sudah tinggal pilih Apply dan OK.

5. Setting Filter Rules


 

Masih berada pada bagian firewall, cara selanjutnya tinggal kalian setting Filter Rules. Caranya ialah dengan memilih menu tab pada bagian kanan seperti yang terlihat pada gambar ditas.

6. Setting Filter Rules Tab General


 

Apabila sudah membuka tab Filter Rules, maka kalian akan melihat pada bagian tab General. Silahkan kalian isikan pada bagian Chain = forward. Kemudian pada bagian Src Address = 192.168.2.0/24 yang merupakan IP Ether 2 atau IP Network dari mikrotik pada komputer tersebut.

7. Setting Filter Rules Tab Advance


 

Setelah setting pada bagian tab General, maka cara selanjutnya tinggal setting pada bagian tab Advance yang terdapat di sebelah menu General. Setelah berada pada bagian tab Advance, silahkan pilih Layer7 Protocol sesuai dengan menu yang sudah kalian tambahkan sebelumnya, yaitu Youtube.

8. Setting Filter Rules Tab Action


 

Cara terakhir ialah tinggal melakukan settingan pada bagian tab Action yang berada disebelah menu Extra. Silahkan pilih pada bagian Action dengan Drop, setelah itu tinggal pilih menu OK.

9. Situs Youtube Berhasil di Blokir


 

Setelah melakukan semua settingan diatas, maka langkah terakhir tinggal periksa apakah situs Youtube masih dapat diakses atau tidak. Apabila berhasil maka tampilannya akan seperti pada gambar diatas.

Kesimpulan

Demikian itu langkah-langkah untuk cara blok youtube di mikrotik menggunakan winbox layer 7, sangat mudah bukan cara untuk memblokir situs di mikrotik. Semoga saja cara yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "9 Cara Blok Youtube di Mikrotik Dengan Winbox Layer 7"