3 Cara Mengetahui Password WIFI di Laptop yang Belum Pernah Terkoneksi

  Cara Mengetahui Password WIFI di Laptop yang Belum Pernah Terkoneksi - Kebutuhan internet tentunya menjadi hal yang sudah cukup penting untuk kalangan masyarakat sekarang ini, khususnya bagi para pelajar maupun mahasiswa. Dimana pembelajaran secara daring sampai saat ini masih dilakukan walaupun sudah ada sekolahan atau kampus yang sudah mendapatkan izin untuk mengadakan tatap muka.

Ngomong-ngomong soal kebutuhan internet, di sekolahan ataupun kampus sudah pasti telah tersedia jaringan internet atau WIFI yang bisa dikoneksikan dengan mudah ke smartphone ataupun Laptop. WIFI sendiri menjadi salah satu sumber koneksi internet yang pastinya banyak dibutuhkan untuk mengakses internet. Sifat Wifi yang mudah dan fleksibel dalam penggunaan, membuat koneksi ini menjadi favorit.

Selain di sekolahan ataupun kampus-kampus, WIFI juga bisa ditemukan di banyak lokasi yang tentunya bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Daripada memilih koneksi WIFI berbayar, saat ini banyak yang memilih untuk memanfaatkan WIFI gratis walaupun peraturan di tempat tersebut mewajibkan pengguna harus membayar terlebih dahulu. Disini ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan password WIFI secara gratis.

Membahas mengenai hal ini, kami akan memberikan informasi terkait cara mengetahui password WIFI di Laptop yang belum pernah terkoneksi sekalipun. Disini ada beberapa cara yang bisa kalian pilih, pertama adalah dengan Control Panel, CMD dan selain itu ada lagi yang lainnya. Baiklah daripada penasaran seperti apa caranya, lebih baik langsung saja simak cara mengetahui password WIFI di Laptop yang belum pernah terkoneksi berikut ini.

Cara Mengetahui Password WIFI di Laptop yang Belum Pernah Terkoneksi

Cara Mengetahui Password WIFI di Laptop yang Belum Pernah Terkoneksi

Seperti sudah kami jelaskan diatas bahwasanya cara mengetahui password WIFI di Laptop yang belum pernah terkoneksi ini bisa dilakukan dengan cukup mudah. Ada 3 metode yang akan kami sampaikan di bawah ini, lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengetahui Password WIFI Melalui Control Panel

Cara pertama adalah melalui Control Panel. Cara satu ini bisa dikatakan cukup mudah dan sederhana, terlebih lagi kalian tidak memerlukan aplikasi tambahan. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Pertama masuk ke menu Control Panel pada Laptop.
  • Lalu lanjutkan dengan memilih menu yang bertuliskan "Network dan Internet" dan klik.
  • Selanjutnya kalian pilih opsi dengan nama "Network and Sharing Center".
  • Lalu tekan di menu Manage Wireless Network, nah disini akan ada jaringan WIFI lengkap dengan password beserta kata sandi milik WIFI yang kalian tujukan.

2. Mengetahui Password WIFI Menggunakan CMD

Kemudian untuk cara mengetahui password WIFI di laptop yang belum pernah terkoneksi, kalian bisa menggunakan CMD. CMD atau Command Prompt bisa langsung kalian coba dengan membukanya di laptop. Pertama kalian hanya perlu menulis pada kode netsh WLAN Show profiles dan kemudian tekan Ok atau enter. Disini kalian hanya perlu menunggu loading sampai selesai, nantinya akan muncul jaringan Wifi yang kalian tuju. Pada profil kalian bisa ketikan dengan menulis nama “nama wifi”key=clear. Adapun untuk langkah singkatnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke opsi Start - Run klik, atau bisa menggunakan shortcut Windows + R.
  • Tunggu sampai kolom keluar kemudian ketikan pada Run dengan tulisan CMD lalu ENTER.
  • Pada tampilan windows Command Prompt, tuliskan opsi dengan kata “netsh wlan show profiles” lalu ok.
  • Selanjutnya layar akan menampilkan opsi nama wifi, pastikan target wifi yang dituju sudah benar agar passwordnya dapat diketahui.
  • Disini kalian ketik “netsh wlan show profiles” Nama_Wifi”key=clear.
  • Langkah terakhir di Key Content kalian seharusnya sudah bisa melihat sandi untuk wifi yang dituju.

3. Mengetahui Password WIFI Menggunakan Tool

Lalu untuk cara mengetahui password WIFI di Laptop yang belum pernah terkoneksi terakhir adalah dengan menggunakan tool hcxdumptool. Adapun langkah-langkahnya kalian bisa simak di bawah ini.

  • Pertama kalian bisa menggunakan tool dengan nama hcxdumptool. Ini bertujuan mengakses PMKID untuk diterima dan dijadikan file.
  • Selanjutnya penggunaan tool hcxdumptool, kalian dapat merubahnya dengan tampilan format pcapng yang nanti di ambil dari Hashcat.
  • Pada langkah ini kalian juga dapat menggunakan tool Hascat. Dimana akan dijadikan password pada cracking tool. Untuk mengetahuinnya kalian bisa melalui sandi WPA PSK, dengan opsi ini password WIFI tujuan akan terbaca.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara mengetahui password WIFI di laptop yang belum pernah terkoneksi ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Baik menggunakan Control Panel, CMD ataupun tool seperti kami sebutkan diatas. Setiap cara diatas juga kami berikan langkah-langkahnya untuk memudahkan kalian. 

Nah itu beberapa pembahasan lengkap yang bisa kalian simak diatas terkait cara mengetahui password WIFI di laptop yang belum pernah terkoneksi. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa membantu kalian yang membutuhkan tutorial untuk mendapatkan password WIFI secara gratis.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengetahui Password WIFI di Laptop yang Belum Pernah Terkoneksi"